Friday, December 12, 2008

mr. ueno

Di stasiun kereta Shibuya, ditempel sebuah panil yang berisi sebuah kisah nyata :
 
Profesor Ueno begitu ia biasa dipanggil adalah seorang profesor yang mengajar di Universitas Tokyo. Ia tinggal sendiri di luar Tokyo menempati sebuah rumah kecil bersama seekor anjing peliharaannya. Oleh sebab itu, ia terpaksa naik kereta pulang pergi ke tempat kerjanya. Ia juga telah melatih anjing itu sedemikian rupa sehingga bisa menuntunnya pulang pergi ke stasiun. Matanya tak lagi sebening dahulu begitu pula dengan badannya. Anjing itu akhirnya menjadi mata kedua bagi Profesor Ueno. Setiap hari, ia berangkat kerja jam 7 pagi sambil membawa anjingnya. Setelah Pak Ueno masuk ke dalam kereta, anjing itu pun pulang lagi ke rumah sendiri. Lalu, saat jam 5 sore, anjing itu pun sudah duduk di depan pintu kereta menunggu tuannya pulang kerja. Begitulah setiap harinya.
 
Sampai satu hari, Prof. Ueno terserang penyakit jantung saat mengajar. Ia meninggal saat itu juga dan tidak pernah kembali ke rumahnya. Tak ada keluarga. Namun, si anjing pun tetap datang ke stasiun menunggu tuannya turun dari kereta. Tapi, Prof. Ueno tak kunjung datang. Anjing itu dengan setianya duduk di depan pintu kereta. Ia menahan laparnya dan tidak pergi ke manapun sebelum ia melihat tuannya. Sampai akhirnya, anjing itu pun mati kelaparan setelah tiga hari tidak makan.
 
Sedikit dihebohkan dengan kematian seekor anjing, polisi pun menyelidiki siapakah yang memiliki anjing ini. Ternyata, di kalung anjing itu tertulis alamat rumah Prof Ueno, tetapi rumah itu kini telah kosong. Prof Ueno sudah meninggal. Setelah berbagai usaha dilakukan polisi mencari tahu, akhirnya polisi pun mengetahui kalau anjing inilah yang biasanya menuntun Pak Ueno pulang pergi dari kerjanya. Dan anjing itu mati kelaparan karena menunggu tuannya yang tidak pernah datang lagi. Maka, dipasanglah kisah ini di stasiun kereta supaya orang-orang mengetahuinya.
 
Maksudnya? Apakah kita sebagai manusia bisa menunjukkan kesetiaan yang berkualitas?

Merry Christmas 2015!