Saturday, December 13, 2008

just like us

Selagi gw main game the sims, gw jadi teringat tentang di kehidupan nyata. Bagaimana kalau relasi yang gw bangun ke orang lain dilakukan seperti yang ada di game? Hmm,, tampaknya mungkin agak aneh tapi menurut gw cukup bisa dipakai dan…logis juga.

Let see…

Gw maenin game the-sims tadi. Gw bertemu dengan tetangga yang sebenarnya belum pernah bertemu. Nilai/ point yang ada mengenai “status social”nya masih nol terhadap orang itu. Ketika gw gerakkan untuk mengobrol, mengobrol, dan mengobrol (entah apa yang mereka obrolkan) akhirnya point-point tadi udah ngga nol lagi. Akan tetapi, kalau gw gerakkan untuk berbuat yang “salah” maka point-point yang bertambah tadi bisa berkurang lagi bahkan samapai nol! Contohnya, gw mencoba menggoda istri tetangga. Relasi pemain gw dengan kedua tetangga tadi, suami atau istrinya berkurang. Namun mungkin saja ketika istri tetangga punya relasi yang tinggi dengan kita dijadikan selingkuhan. Menarik bukan? Hahaha…tapi itu hanya program yang dibuat sedemikian rupa supaya menyerupai.

Misal gw bertemu seseorang yang belum pernah bertemu sebelumnya. Melihat fotonya saja belum pernah, baru saat itu bertemu. Nilai/point relasinya 0 (nol), kepercayaannya 0 (nol), dan kita sama sekali tidak mengenal satu sama lain. Namun, setelah beberapa lama ‘berteman’ dan membangun relasi, tentu point-point yang tadinya nol pun bertambah. Pertambahan point tiap orangnya pasti berbeda tergantung bagaimana mereka berhubungan (berkomunikasi).

Katakanlah setelah 1 hari, 1 minggu, 1 bulan, atau 1 tahun. Pertambahan nilai yang gw lakukan ke orang itu ataupun sebaliknya belum tentu sama. Dalam game bisa saja sama karena mereka telah diprogram untuk demikian. Tapi tidak dengan manusia. Manusia bukan robot dan masih punya perasaan!

Setelah dipikir, gw mencoba untuk membandingkan dengan kehidupan kuliah di kampusskitar 3 tahunan ini. Hmm… setiap orang memang inginnya ‘berteman’ dengan semua orang, tapi menurut gw pasti ada yang namanya sifat egois manusia. Mereka cari orang yang bisa menambah point-point kehidupannya dengan cepat. Sederhananya bilang aja teman yang cocok. Mau atau tidak proses “pemilihan teman” tadi pasti ada. Hal itu juga yang meningkatkan rasa kepercayaan seseorang terhadap orang lain.

Yaaa,,, berapa ya nilai yang harus gw kasih ke temen-temen gw..?? Hahahaha…

Merry Christmas 2015!