Friday, December 12, 2008

BIBLE & SCIENCE 1

Alkitab menceritakan bumi ini dan segala isinya dari awal mula penciptaan sampai akhirnya. Gw yakin itu benar 100%.. Ya iyalah…!=P
Namun, bagaimana hubungan antara sejarah berdasarkan Alkitab bisa ‘nyambung’ dengan sejarah ilmu pengetahuan? Alkitab punya banyak misteri yang ngga bisa diungkapkan dengan science.

1) Ilmu pengetahuan bilang bumi ini sudah berumur jutaan bahkan milyaran tahun lalu. Apa buktinya? Meskipun berdasarkan penelitian berulang-ulang, apakah hasilnya akurat (meski dalam skala predisksi)? Apakah bumi yang kita tinggali itu memang sudah setua itu?? Alkitab mencatat bumi dijadikanNya selama 6 hari dan hari ke-7 Dia beristirahat. Bila 1 hari ini adalah 1 harinya Tuhan (= 1000 tahun), maka bumi ini sudah jadi dalam kurun waktu 7000 tahun. Ngga bermilyar2 tahun.

2) Manusia sama sekali bukan evolusi dari kera atau hewan sejenisnya. Tuhan menciptakan manusia serupa dan segambar denganNya yang artinya paling sempurna. Dan lagi Ia menciptakan kita dengan meniupkan nafasNya. Jelas manusia diciptakan sendiri oleh Tuhan.Kasarnya, kalau kita evolusi hewan dan kita serupa dengan Tuhan, berarti Dia juga hewan? Sama sekali bukan!

3) Apa yang terjadi dalam Alkitab gw pikir memang ada yang bisa dijelaskan dengan science tapi ngga semuanya! Tetap ada hal-hal mukjizat yang terjadi dan ngga bisa dijelaskan oleh ilmu pengetahuan yang sangat terbatas.

Ketika Sodom dan Gomora terkena hujan belerang. Bisa saja itu adalah gunung meletus yang menyemburkan belerang dan api (lahar) ke udara sehingga terlihat seperti hujan api. Namun, bisa saja memang hujan api asli dari langit. Tuhan Yesus memang luar biasa.
Namun, ketika melihat kasus istri Lot? Seluruh badannya menjadi tiang garam… ini mukjizat Tuhan.

4) Tulah gelap gulita. Gw berpikir mungkin terjadi gerhana saat itu, tapi ilmu pengetahuan saat itu belum mengetahuinya.

5) Ketika nabi Elia meminta Allah menurunkan api dari langit membakar korban persembahannya yang telah disiram air untuk mengalahkan para dukun. Ini memang api yang turun dari langit. Ataukah petir yang dikirim Tuhan?

6) Perjalanan Israel keluar dari Mesir banyak mencatat mukjizat. Tiang api dan tiang awan. Mukjizat dari Tuhan untuk membimbing bangsa Israel di padang gurun siang dan malam. Tuhan selalu menyertai umatNya siang dan malam, sepanjang waktu.

7) Umur manusia zaman dulu panjang-panjang. Science bisa bilang karena zaman dulu bumi ini masih bersih bebas polusi. Manusia bernafas dengan udara pure oksigen sehingga metabolisme tubuh bekerja (sangat) optimal.

Sejak jatuhnya manusia ke dalam dosa, manusia menanggung kutuk. Salah satunya umur manusia yang semakin pendek. Hal ini memang karena dosa ‘menggerogoti’ hidup manusia dengan hadirnya segundang sakit penyakit dan bencana.
Zaman dulu Alkitab mencata umur manusia yang mencapai lebih dari 900 tahun (tapi ngga ada yang mencapai 1000 tahun = ngga ada yang ‘tahan’ 1 hari pun di hadapan Tuhan). Adam dan Hawa pun tidak. Makin ke sini, makin pendek bahkan zaman sekarang jangankan mencapai 100, umur 90 aja susah.

Merry Christmas 2015!