Thursday, December 25, 2008

jadilah garam dan terang!

Satu lagi cerita menarik dari Alkitab…

Kita sering mendengar di dalam sebuah khotbah di gereja,, jadilah “Garam dan Terang”

Pertama kali mendengarnya, “Terang”? yaa oke… Kita kan harus sama seperti Yesus yang merupakan terang buat dunia. Jadi kita pun harus seperti Dia, menjadi terang bagi dunia. Hanya yang membuat telinga gw getek adalah “Garam”. Kenapa (sih) harus “garam”? Bahkan Alkitab mencatat Yesus mengatakan “garam” lebih dulu daripada “terang”. Pastilah ada sesuatu dengan yang namanya garam ini….

Setelah sekian lama, mendengar dari berbagai khotbah dan pencarian, akhirnya gw tahu… Ini sedikit penjelasannya…

1. Garam sudah dikenal oleh manusia sejak zaman dahulu kala sebelum Yesus lahir ke dunia. Manusia kuno sudah menggunakan garam untuk berbagai kepentingan hidup.

2. Pada zaman Romawi, dikenal 2 barang yang sangat berharga saat itu, yaitu matahari dan garam. Matahari yang dipercaya sebagai sumber kehidupan saat itu dan garam (yang lagi-lagi) digunakan untuk berbagai kepentingan oleh orang-orang pada zaman Romawi. Banyaknya kegunaan barang ini menjadikannya menempati posisi kedua barang terpenting bagi Romawi.

3. Saat ini, garam biasa digunakan juga sebagai “pengawet”. Untuk menjaga daging sapi ataupun ayam agar tetap segar adalah menaburinya dengan garam sehingga daging tidak membusuk dan warnanya pun tetap segar.

4. Garam adalah satu-satunya bumbu dapur yang dipakai di segala jenis masakan. Sedikit atau banyak, pemakaian garam sangat memengaruhi rasa masakan.

Sekian saja dulu dr segudang sejarah dan kegunaan garam. Kesimpulannya, kita sebagai anak-anak Tuhan harus bisa berdampak bagi dunia dimana pun dan kapanpun. Seperti kegunaannya bagi daging, kita harus bisa “menghidupkan” nyawa orang-orang yang telah “mati”. Lingkungan tertentu akan terlihat berbeda bila anak-anak Tuhan turut campur di dalamnya…Nice.. Satu yang penting, semuanya bagi kemuliaan Dia!

Jika suatu ruang gelap diberi lampu yang sangat terang, apa yang terjadi?? Gelap itu akan hilang dan terang itu “menelanjangi” keburukan yang ada. Kita jadi bisa melihat bila lantai , dinding, atau bagian dalam ruangan itu ada yang kotor dengan begitu kita bisa membersihkannya. Sama halnya dengan kita yang bisa membantu menyelesaikan masalah setiap orang dengan bantuan Yesus yang menjadi sumber segala kekuatan kita… God Bless!!

Anw,,, Merry Xmas dan Tahun Baru…!!

Merry Christmas 2015!