Sunday, September 18, 2011

Travel Sketch : Welcome Jerusalem!!


YERUSALEM

Perjalanan cukup panjang dari Tiberias menuju ke Yerusalem. Jika Tiberias ada di tepi D. Galilea, maka Yerusalem di selatannya, 30 km sebelah barat ujung utara Laut Mati (hmm ngga terlalu susah bacanya kan yah.. ;)). Berjalan melewati pegunungan Yehuda, menuju Jerusalem Gate Hotel. Menariknya, hotel ini punya 2 lantai mix used di bagian bawah lobby sehingga bisa dipakai sebagai tempat jalan-jalan setelah pulang tur.

Tampak Depan Jerusalem Gate Hotel


Yerusalem berdiri di punggung bukit pegunungan Yehuda dan digelari sebagai “Ratu kota-kota dunia” selama 30 abad. Yerusalem pertama kali dsebut Alkitab pada masa Abraham dengan nama Salem, yang berarti “Damai”. Damai di Yerusalem menandakan damai di seluruh kota di dunia. Asal katanya, Yerushalayim, yang berarti Kota Damai. Kemudian, kata itu masih dipakai hingga sekarang sebagai sapaan “Shallom” yang berati “damai bagi kamu”. Sama halnya dengan Yerusalem, saling membagi damai.

Siapa yang ngga mau pergi sekalipun ke kota ini? Yerusalem merupakan kota suci bagi penganut 3 agama monoteisme, yaitu Yahudi, Kristen, dan Islam. Bagi orang Yahudi, kota ini adalah simbol kejayaan masa lalu mereka dan harapan mereka akan masa depan. Untuk orang Kristen, kota ini adalah tempat ketika Yesus melakukan kotbah terakhirNya, kota ketika Yesus mati dan bangkit dari kematian. Untuk umat Islam, kota ini dipercaya tempat Muhammad diangkat ke surga.

Kota ini telah diserbu lebih dari 50 kali, ditaklukkan 36 kali dan dihancurkan 10 kali.

Tembok Yerusalem yang da saat ini merupakan bangunan tambahan dari pembanguna periode yang berbeda. Tembok ini memiliki keliling 3,5 km, tinggi mencapai 12 meter, ada 34 menara dan 8 gerbang. Sisi utara : Gerbang Baru, Gerbang Damaskus, Gerbang Herodes. Timur : Gerbang St. Stephen dan Gerbang Emas (ditutup Turki tahun 1530). Selatan ada Gerbang Dung dan Gerbang Zion. Gerbang Jaffa di bagian barat.

First breakfast di Yerusalem
Stay di sini untuk 3 hari 2 malam, perjalanan di Yerusalem akan paling padat dan paling banyak mengunjungi tempat2. Jadi, di Yerusalem ini bakal banyak keliling2 dan share cerita di post2 selanjutnya. Enjoy!

Cek out hotel. 20 menit sebelum masuk bis
(tulisan di resepsionis KABALA artinya "to receive", sebagaimana fungsi resepsionis menerima tamu)




Yes, we were here!!

God Bless Israel, God Bless Indonesia!

Merry Christmas 2015!