Thursday, September 22, 2011

Travel Sketch : St. Anne Church


Gereja Santa Anna

St Anne church; Gereja kelahiran Maria


Tentang St. Anne
Pada saat Ksatria Perang Salib menginggalkan Yerusalem, ada 30 lebih gereja yang ditinggalkan. Gereja St. Anna merupakan salah satu dari contoh bangunan yang kondisinya sangat baik.
Gereja ini dibangun tahun 1100 M mengambil model Romanesk, di bangun di atas bangunan bawah tanah yang secara tradisi disucikan sebagai tempat kelahiran Maria dan rumah orang tuanya, Joachim dan Anne.

Setelah kekalahan Ksatria Perang Salib, Saladin mengganti kegunaan gereja ini sebagai Sekolah Islam. Tahun 1856, saat Perang Crimean, Sultan Abdul Majid menyerahkan tempat ini kepada Napoleon III sebagai hadiah atas bantuan Napoleon II selama masa perang. Gereja itu direntorasi dan diserahkan ke kelompok White Fathers.

Gereja ini terkenal dengan dengan kualitas akustik asli bangunan yang masih bagus. Banyak orang/tur yang menyempatkan diri untuk menyanyi lagu2 penyembahan di dalam gereja.

Bethesda
Beberapa meter di sebelah kanan gereja adalah Kolam Bethesda. Kolam ini dikuduskan oleh umat Kristen sejak Yesus Kristus menyembuhkan pria yang lumpuh 38 tahun. Kolam ini terkubur reruntuhan selama ratusan tahun (sisa dari basilika Byzantium yang dihancurkan Persia) dan ditemukan oleh penggalian White Fathers.
Sekali dalam setahun, kita bisa melihat bunga bakung di kolam ini saat musim semi. Dalam musim itu pun, hanya berbunga selama 2-3 minggu saja. Momen yang langka.

Merry Christmas 2015!