Thursday, September 22, 2011

Travel Sketch : Garden Tomb


GARDEN TOMB

Garden Tomb


Garden Tomb atau Makam di Taman ini berada di Bagian Utara Gerbang Damaskus dipercaya sebagai tempat penyaliban dan pemakaman Yesus. Tempat ini pertama kali ditemukan tahun 1883, oleh Jendral Charles Gordon dari Inggris.
Makam bertaman besar ini dipercaya milik Yusuf (dari) Arimatea. Yusuf yang membantu menurunkan mayat Yesus, memilih untuk memberikan makam yang ia punya kepada Yesus dan memilih makam yang jelek bagi dirinya sendiri.

Siapa sih Yusuf Arimatea?
Yusuf adalah orang Yahudi dari Arimatea. Lukas mencatat dirinya sebagai ‘seorang yang baik lagi benar…ia menanti-nantikan Kerajaan Allah”. Yohanes menulis ia murid Yesus tapi secara diam-diam karena takut kepada orang-orang Yahudi. Ia anggota Majelis Besar (Sanhedrin) yang tidak menyetujui putusan hukuman mati bagi Yesus.

Jadi, dari cerita singkat tadi, bisa dimbil kesimpulan sementara bahwa Yusuf jelas orang yang kaya dan punya kedudukan di Yerusalem maupun di  kalangan orang Yahudi. Hal ini bisa menerangkan mengapa Yusuf bisa mendapat ijin dari Pilatus untuk menurunkan mayat Yesus dari salib.
Ia menyediakan kafan lenan untuk penguburan, lalu membaringkan Yesus di kubur miliknya sendiri yang belum pernah dipakai, yang dilubangi pada dinding batu

Yes, we were here!
God Bless Israel, God Bless Indonesia!

Merry Christmas 2015!