Saturday, September 17, 2011

Travel Sketch : Sea of Galilee


Danau Galilea

I have sailed on the Sea of Galilee!! (sebelum berlabuh)
Danau Galilea (atau Laut Galilea, karena ukuran danaunya yang besar) memiliki panjang 21 km, lebar 11 km, dan terletak 211 mter di bawah permukaan laut. Danau ini dikenal dengan beberapa nama dalam Perjanjian Lama, yaitu danau Kineret (Bil. 34:11), atau Kinerot (Yos 12:3). Dalam Perjanjian Baru (PB), dikenal dengan nama Genesaret (Luk 5:1) atau Laut Tiberias (Yoh 21:1). Dalam bahasa Ibrani, nama terkenalnya Yam Kinneret yang artinya harpa karena bentuknya menyerupai harpa.

Sungai Yordan yang mengalir dari Utara (G. Hermon) ke Selatan (Laut Mati), bermuara dulu di danau ini. Dari sisi geografis, danau ini berada di tengah2 Lembah Yordan dan dikelilingi bukit-bukit, membuatnya beroleh angin kering yang meniup turun dan badai dapat datang tiba2.
[Yaa, ini menjawab pertanyaan saya bagaimana bisa ada badai di sebuah danau….]

Ada keunikan geografis lainnya di sekitar danau. Danau Galilea berbatasan dengan dataran yang ukurannya berbeda-beda. Pada umumnya, lereng-lerengnya berjurang-jurang di bagian Timur (Mrk 5:13), tapi agak melandai di bagian Barat. Termasuk dataran-dataran di sebelah utara dan selatan, di samping kanan kiri S. Yordan.

Dikelilingi 9 kota, salah duanya adalah Kapernaum dan Betsaida, tempat Yesus banyak melakukan pelayanan. Di tepi danau ini Yesus memanggil Petrus, Andreas, Yakobus dan murid yang lain (Mat. 4:18-21, Luk. 5:1-11); Yesus menyembuhkan orang kusta (Mat 8:1-4); Berbicara kepada orang banyak dari atas kapal Petrus (Mrk. 3:7-12, Luk. 5:1-3); Memerintahkan angin ribut supaya tenang (Mat. 8:23-27); Berjalan di atas air (Mat. 14:22-23) dan menyembuhkan banyak orang (Mat. 15:29-31).

Dalam masa Yesus, Galilea merupakan pusat pertemuan dari seluruh penjuru. kapernaum dan Betsaida, kedua kota ini berhubungan baik dan terus berkembang, baik dalam hal kemasyarakatan atau perdagangan. Salah satu yang masih berdiri sebagai kota adalah Tiberias, sedangkan kota-kota lain sudah tidak jelas lagi letak2nya.



Setelah berlayar 20-30 menit menyeberang Laut Galilea, di sini pula, sempet mencicipi yang namanya Ikan Petrus…


Yes, we were here and we have sailed on the sea of Galilee!!
God Bless Israel and God Bless Indonesia.

Merry Christmas 2015!