Thursday, September 22, 2011

Travel Sketch : Yerikho


YERIKHO

Ketika mendengar nama Yerikho, hampir sebagian besar orang langsung teringat tentang Yosua dan bangsa Israel yang mau menyerang Yerikho. Cerita tentang 12 pengintainya, dan perempuan yang selamat dari serangan karena membantu para pengintai Israel.

Arti asli nama Yerikho masih diragukan. Pendapat yang ada mengandaikan Yerikho seakar dengan kata ‘Yareakh’ yang artinya ‘bulan’ dan menghubungkan dengan dewa bulan bangsa Sem Barat dulu kala, namanya Yarikh/Yerakh.

Dalam PL, kota Yerikho dianggap sama dengan bukit Teles-Sultan, kira2 27 km timur laut Yerusalem. Panjang bukitnya 400 meter utara-selatan, lebar bagian utaranya kira2 200 meter, tingginya 20 meter.
Dalam PB, Yerikho terletak di wilayah selatan bukit yang lama. Di sini Herodes Agung dan pengganti2nya membangun satu istana musim dingin dengan taman2, dekat kebun kurma, dan balsam. Tanaman ini menjadi penghasilan utama Yerikho.

Kaya semangka aja, ada yang merah, ada yang kuning.


Di sini sempat mampir umtuk makan siang, sekaligus melihat2 keadaan di sekitar Yerikho. Ngga ada yang mencolok mata kecuali gurun dan gunung batu. Tapi, luar biasanya Tuhan, tanah gurun seperti ini menghasilkan buah yang manis2. He is awesome!!

Yes, we were here!
God Bless Israel, God Bless Indonesia!

Merry Christmas 2015!