Thursday, September 22, 2011

Travel Sketch : Golden Gate


Golden Gate

Di post sebelumnya tentang Yerusalem, tembok kota ini punya 8 gerbang. Salah satunya Golden Gate atau Gerbang Emas (sisi timur Yerusalem). Ada cerita menarik tentang gerbang ini dibandingkan dengan nama gerbang yang lain, oleh karena itu saya coba gambar untuk jadi pelengkap tulisannya.

Lokasi Golden Gate tepat berseberangan dengan Gereja Segala Bangsa, dengan Bukit Zaitun, dipisahkan oleh Lembah Kidron. Yang membuat unik gerbang ini dari yang lain adalah gerbang ini mempunyai dua lengkungan sedangkan yang lain hanya satu. Selain itu, gerbang ini ditutup. Bukan dengan daun pintu, tapi dengan tembok lagi. Ini yang membuat semakin menarik. Meskipun cerita ini sudah menjadi bagian sejarah umum dunia, ngga ada salahnya saya tulis lagi dengan bahasa sendiri

Golden Gate


Kenapa ditutup ya?
Alkitab mencatat dan bangsa Yahudi percaya bahwa kedatangan Mesias Yesus kedua kalinya akan menapakkan kakiNya di Bukit Zaitun lalu berjalan memasuki Yerusalem melewati Gerbang Emas.

Pada tahun 1517 Yerusalem dikuasai oleh Turki. Pihak Ottoman Turki tahu mengenai hal tadi bahwa Yesus akan melewati gerbang ini sehingga mereka menutup pintu ini tahun 1530. Selain itu, Turki pun menjadikan Lembah Kidron sebagai pemakaman. Kedua hal itu dilakukan supaya Yesus menjadi najis karena melewati kuburan dan tidak bisa masuk Yerusalem karena gerbangnya telah ditutup.

Setelah 400 tahun, Yerusalem berhasil direbut dari Turki dan dikuasai Sekutu di bawah pimpinan Jend. Allenby dari Inggris tahun 1917. Dikuasai Israel, beberapa usaha telah dicoba untuk membuka gerbang ini. Akan tetapi, selalu ada masalah setiap kali mau membukanya dan gerbang ini masih tertutup sampai sekarang.

Seperti fungsi benteng pada umumnya untuk menjaga, fitur kotak seperti mata adalah bukaan bagi para penjaga untuk mengawasi keadaan di luar tembok pada masa itu.

Yes, we were here!!
God Bless Israel, God Bless Indonesia!

Merry Christmas 2015!