Saturday, September 17, 2011

Travel Sketch : Tabgha


Tabgha = Multiplication

TABGHA : Nama ini diambil dari bahasa Yunani Heptageon yang berarti tujuh musim semi. Ini adalah tempat di mana terdapat banyak persediaan air. Nama ini tidak ada di dalam Alkitab, tetapi secara tradisi tempat ini adalah situs dimana Yesus memberi makan kenyang 5000 orang (belum termasuk perempuan dan anak2) dengan memberkati 5 potong roti dan 2 ekor ikan dan tersisa 12 bakul. (Mat. 14:13-21, Mrk 6:36-44, Luk. 9:14-17, Yoh 6:1-6).

Secara berturut-turut, didirikan dua gereja Byzantium sekitar abad 4 dan 5. Tahun 1932, puing-puing dari gereja Byzantium ditemukan dengan mozaik yang terpelihara sangat baik di seluruh Israel. Pada batu yang dijadikan altar di sini, terdapat mozaik yang menggambarkan keranjang roti dan dua ikan. Lantainya dilapisi dengan mozaik burung2, ikan2, bunga2, dan binatang buas di sekitar danau.

Ngga jauh dari Tabgha, ada gereja lagi yang disebut Gereja Keunggulan. Gereja ini dibangun tahun 1934 di atas batu raksasa yang disebut Mensa Christi.

Tempatnya dikenal sebagai St. Peters Primacy. Tempat yang merupakan situs tradisional di mana Tuhan yang telah bangkit muncul di hadapan murid2Nya, menyiapkan sarapan untuk mereka, dan memberi Petrus misi pastoral, “Gembalakanlah domba-dombaKu” (Yoh. 21:9)

Yesus memberi makan 2 kali

Alkitab mencatat bahwa Yesus memberi makan banyak orang 2 kali. Pertama, di Tabgha ini yang tersisa 12 bakul penuh. Kedua, Yesus memberi makan 4000 orang laki-laki (belum termasuk perempuan dan anak2) dengan memberkati 7 potong roti dan tersisa 7 bakul penuh.

Kedua kejadian tersebut berkaitan dan ada makna tentang kasih Yesus. Dalam mujizat pertama, Yesus melakukan memberi makan di tanah Israel dan tersisa 12 bakul yang menggambarkan 12 suku Israel. Dalam mujizat kedua Yesus memberi makan di tanah Kanaan dan tersisa 7 bakul penuh yang menggambarkan 7 suku di Kanaan. Keduanya menggambarkan bahwa Yesus memelihara seluruh isi dunia ini tanpa kecuali. Yesus sudah memberi makan kenyang, eh masih dibekali pulang sebakul penuh!

Yes, we were here!
God bless Israel, God bless Indonesia!

Ngasih makan 5000 org, ky apa suasananya yah?

Merry Christmas 2015!