Thursday, September 22, 2011

Travel Sketch : Gethsemane


GETHSEMANE

Getsemani berasal dari kata GAT+SHEMANIM yang berarti (olive) oil press. Getsemani ini sebenarnya masih bagian bawah dari Bukit Zaitun.

Menurut tradisi, Yesus biasa datang ke tempat ini bersama murid-muridnya untuk berdoa. Alasan logisnya, karena tempat ini memang tenang dan nyaman untuk berdoa. Di tempat ini juga Yudas datang mengkhianati Yesus. Hingga sekarang, kaki Bukit Zaitun ini disebut Getsemani. 

Saat datang ke tempat ini, ada sebuah papan yang menjelaskan tentang tempat ini. Di tempat ini dibangun gereja beberapa kali. Gereja pertama saat Byzantium dihancurkan oleh Persia tahun 614. Gereja yang ada sekarang dibangun antara 1919-1924, disebut Gereja Getsemani (lokasinya di Getsemani). Akan tetapi, karena pembangunan yang terakhir didanai oleh 16 negara, maka gereja ini dikenal dengan nama Gereja Segala Bangsa. Negara2 yang mendanai terlihat pada gambar2 di kubah gereja.

Batu tempat Yesus berlutut berdoa menjadi altar gereja. Pada bagian depan gereja, ada 4 patung memegang sebuah buku dan prasasti yang menggambarkan keempat penginjil. Bagian pedimen gereja adalah mosaik yang menggambarkan Yesus yang meminta kepada Bapa supaya dilepaskan dari penderitaanNya.

Pohon Zaitun terbesar di taman, salah satu dari 8 pohon asli

Di samping gereja, Taman Getsemani, ada 8 pohon zaitun yang sangat tua dan tidak dapat dipastikan umurnya. Pada zaman Titus memerintah, Titus memotong seluruh pohon di daerah Yerusalem tahun 70. Jika delapan pohon ini lolos pembabatan, maka pohon itu merupakan saksi bisu perjalanan pelayanan Yesus Kristus di bumi. Apa benar asli? Ya!
“Pohon Zaitun itu tidak mati” (Pliny)

Bandingkan dengan keunikan tentang Pohon Zaitun di post Capernaum… Pohon ini tidak mati dengan hanya ditebang. Justru tumbuh semakin banyak dan tetap menghasilkan buah!

Yes, we were here!
God Bless Israel, God bless Indonesia!

Merry Christmas 2015!