Wednesday, September 11, 2013

Surprise : Hillsong Conference 2013



Hillsong Conference 2013 Opening

I want it!

Tahun ini saya mendapat kado luar biasa, Hillsong Conference 2013. Saya coba ceritakan sedetil mungkin setiap tahap perjalanannya yang saya lihat betapa Tuhan ikut campur dalam segala persiapannya.


Akhir tahun 2012 - awal tahun 2013 saya sempat membayangkan bila bisa ikut Hills Conference tahun ini yang saya lihat banyak pembicara dan bintang tamu keren-keren : Kari Jobe, Leeland, TD Jakes, Craig Groeschel, Joel Osteen, Judah Smith, dll. Beberapa kali hanya menonton potongan khotbah conference hillsong lewat channel rohani di tv kabel.


Setelah seorang teman mengajak pergi, saya putuskan untuk akan pergi sambil cari-cari info dan mengajak teman lain yang mau pergi juga. Dia bantu untuk persiapan-persiapan juga.

If you really want something, God will make a way 

Surprise

*Saya sebut surprise karena hal-hal inilah yang terjadi yang membuat saya merasa terkejut, seperti ada yang ikut campur. Saya tahu pasti Tuhan yang turun tangan*

Tuhan memang senang memberi kejutan.


Surprise 1:

Tidak tahu ada yg bisa ditanya, jadi saat itu (saya lupa kapan pastinya). Setelah kebaktian youth gereja, saya bertanya ke Ko A, ketua youth, apakah ada yang mau ikut/pernah ikut ke Hillsong Conference.


“Ada!”. Saya kaget juga. “Coba tanya sama J” yang kemudian saya tahu JoEA. Tanya-tanya sekilas tentang acaranya, kemudian ia menyarankan untuk tanya-tanya langsung dengan cicinya JeEA. Orang yang sama sekali belom pernah ketemu, lihat mukanya saja belum pernah. 


Pada awalnya saya agak ragu juga apa dia mau menjawab pertanyaan2 orang yang ngga dikenal. Punya teman yang kenal saja kadang masih suka susah ditanya, apalagi yang ngga kenal? Thanks God, dianya mau menjawab pertanyaannya J. Akhirnya saya sedikit banyak nanya-nanya juga, termasuk urusan cuaca. Saya cuma bilang dalam hati, oo God bless this person!

Saya baru ketemu di conference hari ke-2 dengan kakak beradik ini. 


Apa yang saya dapat? Waktu saya merasa pasrah ngga ada yang bisa bantu beri info, bahkan merasa bertanya ke Ko A ngga ada gunanya, justru saat itulah jawabannya datang. Apa yang terjadi kalau waktu itu saya tetap diam diri dan ngga bertanya?



Surprise 2:

Cari-cari tempat tinggal selama disana, thanks buat Om R dan Tan H, yang menawarkan untuk stay di rumahnya selama seminggu di Sydney. Kamar lengkap dengan selimut tebal dan penghangat ruangan. Lebih lagi, mereka yang jemput dari bandara saat datang dan mengantar ke bandara waktu pulang.


Sehari sebelum conference mulai, belajar dulu jalur kereta ke Olympic Park sampai melihat Allphones Arenanya, tempat conference. Mengantar ke stasiun kereta pagi-pagi kemudian menjemput ke stasiun malamnya setelah selesai conference. Segala perhatian membawakan bekal untuk conference – bahkan saking banyaknya harus dimakan dua ronde. Segala treat napak-tilas ke Max B, Hurricane, HongHa, Meet Fresh, semuanya.


Ucapan terima kasih jelas sangat ngga cukup membalas pengalaman selama di Sydney. Oo, God bless this family abundantly!



Surprise 3:

Surprise 3 datang waktu mengurus visa ke Aussy. Ko A, membantu ngasih kontak orang kenalannya di sebuah travel agent. Dalam proses ini, Ko A bantu untuk mengurus beberapa berkas-berkas untuk visa. Semuanya berjalan lancar, saya memberi kabar ke Ko A kalo visa sudah keluar beberapa hari sebelum keberangkatan. Thanks God! I stand in awe!

Saya bilang “thank you”, mengabari lagi sebelum berangkat dan minta dukungan doanya. Dia masih beri saran-saran “how-to” selama disana. Oo, God bless this man!



Surprise 4 :

Terjadi di bandara saat mau berangkat. Ruang tunggu cukup penuh. Ternyata ada penerbangan yang di delay. Saya hanya menduga mungkin beda airline dan pesawatnya belum datang. Pesawat saya dengan tujuan yang sama tidak delay sama sekali. Bahkan berangkat dan sampe on-time! Sampai sekarang saya masih tidak tahu kenapa bisa begitu. Saya hanya bisa doa, “Thank you Lord!”



Surprise 5:
Touchdown, Sydney lagi hujan. Om Rob dan Tan Mi yang jemput. Keluar bandara, langsung tarik napas, udara winternya enak banget!! Mereka bilang bahwa seminggu terakhir Sydney hujan setiap hari dan sepanjang hari dan masih akan hujan hari-hari selanjutnya. Sehari sebelum conference, hujan! Tapi waktu latihan track kereta, hujan berhenti! Baru hujan lagi malam harinya. 

Saya cek ramalan cuaca, memang ditulis akan hujan. Tapi…selama satu minggu conference, tidak pernah hujan sekalipun! Om Rob n Tan Mi pun bingung. Waktu ngobrol dengan peserta conference lain bilang hal yang sama. Pembicara saat sesi kelas pun bilang hal yang sama, kejadian yang mengherankan bisa cerah selama seminggu! Amazing.

Surprise 6:
Selama acara saya hanya berdoa Tuhan beri kepekaan supaya saya bisa menangkap sampai hal terkecil. Yes, saya sangat terberkati lewat firman atau lewat kesaksian teman-teman di conference.

Surprise 7 :
Saat ketemu dengan JeEA di hari kedua conference, saya berkenalan dengan beberapa temannya di Sydney, Fa, D, Fe, St yang ternyata dari Indo juga. Singkat cerita, ngobrol punya ngobrol ternyata saya dan D punya passion pelayanan yang saling melengkapi. Itu pun baru sadar di conference hari terakhir! Yes, D, semoga bisa kita realisasi bareng-bareng. Meanwhile, sukses preparation weddingnya dengan Fa!

Merry Christmas 2015!