Friday, September 13, 2013

Bandung Sketchwalk 1 : Gedung Pos (Alun-alun)




Tahun ini, mulai di bulan April, saya mencoba ikut Bandung Sketchwalk. Event yang kemudian saya tahu digagas Mas Ichsan, Pa Thamrin, dan Mas Apep ini merupakan kelanjutan dari acara kumpul-kumpul sebelumnya. Sebuah acara urban sketcher, merekam kejadian yang dilihat lewat sketsa.


Pit Stop pertama : Bank Mandiri (seberang Pos)
Di pertemuan pertama ternyata peminatnya cukup banyak, sekitar 80-90 orang! Acara jalan pun dibagi tiga kelompok. Event pertama, saya ikut dengan beberapa teman kuliah. Dari sini saya sendiri banyak belajar bagaimana masing-masing orang merekam kejadian yang dilihat. Ada yang begitu ekspresif sampai begitu kaku dengan aturan/teknik gambar (kaya saya haha).
Pit Stop kedua : Jl ABC


7 April 2013

Bandung Sketchwalk I (BS 1), diadakan pertama di daerah alun-alun Bandung. Setelah sedikit pembukaan oleh Mas Ichsan ( yang selama ini saya hanya tahu namanya dari buku Bandung in Watercolor dan karya2nya di Facebook) dan Mas Thamrin, peserta dibagi kelompok.


Pit Stop terakhir : Jl Dulatip - Belakang Pasar
Saat itu saya dan teman bergabung dengan kelompok Mas Apep.Berhenti di seberang Ged Pos untuk menggambar. Melanjutkan ke Jalan ABC dan Dulatip sampai akhirna berhenti di Rumah Seni Sarasvati untuk melihat karya-karya yang dibuat. Semua sketsa dijepret oleh Mas Sapto kemudian ditampilkan lewat proyektor. Tidak ketinggalan Mas Thamrin yang sedikit berbagi pengalamannya ketika mengikuti Sketccrawl di Thailand.


Dari foto-foto itu saya mengenali beberapa urban sketcher yang sering saya ‘pantau’ dari blog Urban Sketcher, seperti Tia Boon Sim atau Paul Wang, mereka urban sketcher dari Singapura.
Enam jam acara sejak pagi sangat tidak terasa. Bandung Sketchwalk 2? Jelas akan ikut lagi…


God Bless Indonesia!

Merry Christmas 2015!