Saturday, December 14, 2013

Indonesia Food Series : Gudeg

Nasi Gudeg

Beberapa waktu terakhir, saya mencoba untuk merekam makanan-makanan khas asli Indonesia. Sejauh ini sebatas makanan yang memang saya makan, jadi bukan ilustrasi hasil imajinasi, inilah makan pagi/ siang/ malam yang saya gambar.

Kejadian ini bermula dari kebiasaan menggambar makanan, mirip orang yang selalu foto-foto makanannya. Sampai beberapa waktu yang lalu, terpikir mengapa tidak saya menggambar makanan Indonesia saja. Toh kalo di 'publish' (di media sosial) bisa sekalian memperkenalkan makanan Indonesia ke luar negeri.

Banyak orang memang berhak bangga, bahagia, dan gembira bisa mencoba makanan luar Indonesia. Saya memang merasa senang bisa merasakan dan menggambar makanan-makanan saat travel ke luar negeri. Karena makanan tersebut punya citra rasa yang berbeda, penampilan berbeda, dll.


Bersyukur karena diberi karunia untuk menikmati, jadi saya ambil sebagian info saja dari Wikipedia.

GUDEG
Gudeg is a traditional food from Yogyakarta and Central Java, Indonesia. Gudeg is made from young Nangka (jack fruit, called gori) boiled for several hours with palm sugar, and coconut milk.Additional spices include garlic, shallot, candlenut, coriander seed, galangal, bay leaves, and teak leaves, the latter giving a reddish brown color to the dish. It is also called Green Jack Fruit Sweet Stew.
Gudeg is served with white rice, chicken, hard-boiled egg, tofu and/or tempeh, and a stew made of crisp beef skins (sambel goreng krecek).


Pray for Indonesia, Jesus Bless Indonesia!


Merry Christmas 2015!