Tuesday, December 21, 2010

Speaking of Success - Critics 1

Thanks God sudah diperkenalkan dengan teman-teman yang luar biasa...


Beberapa waktu setelah menulis “Speaking of Success – IMO” (akhirnya saya hapus), dua orang teman memberi kritik yang ‘menampar’. Lewat kritik itu saya diberitahu bahwa masih ada cara pandang saya yang salah. Daripada menjadi batu sandungan, saya langsung hapus saja, walaupun sepertinya sudah banyak juga yang udah terlanjur baca. Thanks God buat temen-temen yang luar biasa, mau ngasah temannya sendiri.

Jadi, untuk pertama kalinya sejak ngeblog, baru kali ini saya minta orang lain buat memberi ‘review’ tentang tulisan tadi sebelum saya hapus, yang mnrt saya mereka orang2 yang cukup kritis untuk menilai.

Teman dengan background yang sama juga beda. Seumur, lebih tua, atau lebih muda. Terima kasih buat mereka yang udah ngasih masukkan… Memberi pandangan yang lebih luas buat saya, semoga buat orang lainnya juga [‘tamparan’ yang saya terima biar jadi introspeksi pribadi saja]…=) GBU!

*tulisannya terpaksa diedit demi privasi dan supaya lebih enak dibaca y…=) dalam urutan acak...

Review #1 :

Kesuksesan ngga melulu dipatok ama uang, oke. Ini bener sih tapi kalo ngga ada uang juga pasti susah. Kata-kata lo bagus, tp susah diterapkan ya. Kesannya lo mengada-ada. Karena sukses itu sebagian besar identik dengan uang pasti tercukupi, makanya bisa bahagia…

Sukses à Uang à Bahagia

Sukses ada konteksnya masing-masing. Sukses itu kan bisa dikeluarga, bisnis, dll.. Biasanya, sukses di keluarga pun haruslah tercukupi keuangan buat kebutuhan keluarga. Kalo ngga ada uang, pasti keluarga juga ngga (ato susah) sukses. Mungkin akan lebih berat karena susah untuk memulai sesuatu.

Masalahnya kita belom merasakan ke depannya gimana. Bener kata-kata lo “uang sebagai berkat yg mengikuti” TAPI uang itu juga sebagai fasilitas lu menuju kesuksesan yang sebenarnya.

Eg. Kalo lu lagi kerja sama orang lain, dan lu naik bus terus ke tempat kerja, kan ada kalanya terlambat dan ngga bisa datang tepat waktu. Itu menghambat kesuksesan lu (di bidang karir, ya duidnya juga – gaji dipotong). Nah lu perlu beli HP buat bantu alat komunikasi, ato kendaraan pribadi. Dapetnya? Ya beli juga, dari uang… Masa nyolong?

Review #2

emang bener sih yang ditulis disitu, tapi pendapat gw sih.... "Yesterday is history, today is a gift, tomorrow is mystery" (kungfu panda), so don't too much thinking about way of life, just live it with the best you can do.....

Review #3

Tulisan ini cukup akrab di umur2 gue sekarang, saat lo udah harus berdiri sendiri dari apa yang udah dibekali sm orangtua smp sekarang. Lo kalo sukses itu tidak dinilai dari uang, tapi apa sih yang ngga pake uang di dunia ini? Mungkin kita ga butuh uang, tapi orang di luar sana butuh uang kita.

Uang bukan segala2nya, tapi buat beberapa orang kebahagiaan dan kesuksesan bisa diberikan oleh uang. Iya kan? Contoh, gue kalo ga punya uang rasanya sedih banget, sampe makan aja harus irit2, mau beli dvd gabisa. Yah itulah ya, mungkin generasi kita udah berubah orientasi, semuanya harus gaya, semua kesenangan harus pake uang.

Memang sukses ga dinilai dari uang, tapi kita butuh uang As. Jadi dalam konteks ini menurut gue uang itu diatasnya sukses. kita butuh uang tapi mungkin kita ga butuh suksesnya.

Review #4

jgn kebanyakan mikir, lakuin aja semaksimal mungkin yg lu bisa,

kebanyakan mikir menyebabkan penyimpangan karakter, bersedih dan penyesalan berlebih, makian dan opini tidak jelas, menyindir org lain, kehilangan apa yg sebenernya diinginkan,huahuaha,,,

dulu gw jg berpikir untuk ga nerusin bidang kuliah ke jenjang selanjutnya tp meneruskan apa yg udah g senangi dan udah gw rintis yaitu berjualan, tp eh gw diterima kerja, dan gw anggap itu sebagai kesempatan dan berkat yang luar biasa, (dimasa2 krisis dan dgn ipk yg ga yahud2 amat ada jg yg mau meng -hire gw),jadi gw ambil (tanpa meninggalkan bisnis gw krn gw suka bgt) krn kesempatan ga dateng 2 kali, dan trnyt setelah dijalani, gw senang dan menikmati.

emg enjoy dan nikmat ga pake rasa sakit? pake lagi,,HAHAHA,,kalo ga sakit ga enak (tanyain deh, wkwkw,,,* 21+ wink wink wink)

emg hidup ga instan kok, bahkan mi instan pun biar bisa enak dimakan juga hrs dimasak pake air panas minimal diseduh,,

jd ga semudah itu kaya, kecuali emg dr oroknya udah kaya (* nah ini perkecualian, ini tipe anak mas--tinggal dikasi bumbu bisa makan), ato kawin aja sama cukong2 kaya (btw cukong kalo mo kawin jg milih2 lagi, maunya jg yg selevel jg krn ga mau kekayaan nya kesedot istri,,hahaha,,, *tanyain deh cukong2, kalo g hasil wawancara pribadi, haha),

buat yg berpikir kaya/ uang buat tujuan hidup atau kaya/uang adalah sukses, ya udah, ga usah berlama2 mikir, dengan penyesalan ini itu, move on cepat2, ambil jalan yg bisa mengarahkan menuju kekayaan,, jgn ngedumel aja,,(kan kata iklan jg talk less, do more)

kita menuai apa yg kita tabur

drpd ngedumel, mending mulai segera apa yg emg disukai, lakukan semaksimal mungkin, dr sesuatu yg dilakukan dengan maksimal past ada aja kok berkat yg dicucurkan, entah itu uang, entah itu suami/ istri kaya, entah itu terkenal..

Merry Christmas 2015!