Saturday, October 09, 2010

Perdana Taxi Cipaganti

"Taksi..."

Mungkin sudah ada yang tahu, mungkin juga masih belum banyak yang tahu. Perusahaan rental mobil Cipaganti Bandung berencana mengeluarkan Taxi Cipaganti di Bandung. Dari yang saya lihat memang ngga aneh juga. Selama ini para pengguna travel untuk keluar kota makin banyak. Seringkali, ketika sampai di tempat perhentian, tamu terpaksa “dilepas” menggunakan taksi untuk melanjutkan ke tujuan perjalanan. Menurut saya, dengan adanya taksi sendiri tamu tadi tidak perlu pakai jasa “orang lain” dan uangnya bisa diambil sendiri.

Isu ini sudah saya dengar kurang lebih sebulan yang lalu, hasil dari ngobrol-ngobrol sama supir taksi. Sampai akhirnya beberapa hari lalu, seorang supir taksi, Pak D (tidak hanya dia, tp bisa jadi sebagian besar supir taksi di kota Bandung) mengeluh penambahan jumlah taksi yang dilakukan di kota Bandung padahal penggunanya makin sedikit (orang cenderung beli motor atau keukeuh dgn pendapat bahwa taksi mahal) sekaligus sedikit membocorkan isu yang ramai di kalangan supir taksi belakangan ini.

Cipaganti kabarnya akan mengeluarkan sekitar 200 armada ( correct me if im wrong) pada tanggal 15 Oktober 2010. Menurut Pa D, hebatnya, akan ada fasilitas KARAOKE di dalam taksi! Wow!! Yang lebih WOW-nya lagi,kabarnya Cipaganti akan memberlakukan free of charge alias gratis buat semua yang pakai taksinya di hari itu, tidak peduli seberapa jauh perjalanannya. Yang saya tidak tahu, apakah “jauh” yang dimaksud untuk di dalam kota saja atau bisa keluar kota.

Masih kurang? Tambahnya lagi, ada kemungkinan Cipaganti memberlakukan free of charge selama 3 hari. Mantap… boleh untuk dicoba…;D

TAPI…(memang, suka atau tidak selalu ada tapi-nya)…

Pa D. bilang bahwa pada hari itu, supir2 taksi perusahaan lain berniat “memboikot” (istilah ini agak terlalu kasar sih). Pa D sendiri agak keberatan memakai istilah boikot karena semua supir di taksi Cipaganti sebagian besar adalah temannya sendiri yang pindah dari perusahaan taksi yang sama dengan Pa D.

Sebagian besar para supir taksi sepakat untuk mengadakan cuti bersama pada hari itu untuk ikut memakai jasa gratisan. “Pan rame, A, panggih deui jeung babaturan bari ngurilingan Bandung he..he..he..” (Kan rame, bisa ketemu temen-temen lama sambil keliling2 kota Bandung).

Yaa kalau dihitung2 kasar dari post TAKSI sebelumnya, armada GR aja ada 400. Satu armada dipegang 2 orang bergantian. Jadi pada hari itu ada 400 supir, belum ditambah supir yang cuti bisa total ada 600 orang yang sudah bersiap meramaikan/ Belum lagi dari supir2 taksi laennya… Huaaahh…

Semoga kebagian nyoba…

Merry Christmas 2015!