Sunday, October 24, 2010

2 Days 1 Night ~ KBS

Siluet : Tanah Lot, Bali...

Dokumentasi (sketsa) pribadi : AS logbook : Bali 'n Me

Acara ini salah satu yang disajikan KBS, salah satu channel TV Korea. Pertama kali menonton acara ini pun bisa dibilang ngga sengaja karena salah pencet nomor di remote. Selama kurang lebih 1 jam, ternyata acaranya bernuansa komedi. Usut punya usut, ternyata itu salah satu acara dengan rating cukup tinggi juga. Banyak peminatnya. Yaa tidak aneh juga karena tidak cuma 1 orang artis yang “bermain”, tapi sekaligus 6 orang.

Setelah sekian lama mengikuti, saya pikir ada ide yang bisa diambil dari acara ini buat program2 acara di Indonesia. Berhubung acara ini sepertinya tidak hanya laku di Korea, tetapi di luar Korea juga, saya menangkap bahwa Korea melakukan periklanan pariwisatanya melalui acara tadi.

Jadi, daripada syuting dilakukan di dalam studio dan di tengah2 kota, acaranya lebih banyak bepergian ke tempat2 wisata di Korea. Sebagai penonton saya senang2 saja, bisa ikut berasa jalan2 di Korea, lebih banyak tahu tentang Korea. Bisa saja suatu ajakan buat orang Korea sendiri supaya jalan2 ke wisata lokalnya sendiri karena sebagian besar orangnya “gila kerja” dan lebih banyak ngubek2 di dalam kota, tetapi promosi buat turis mancanegara juga.

Pasti dobel untungnya, selain program acaranya dijual ke luar, sekaligus jadi bahan promosi. Saya rasa bisa dijadikan contoh yang baik buat promosi wisata-wisata lokal di Indonesia dan mengembangkan supaya menjadi taraf internasional… Tidak melulu Bali lagi, Bali lagi yang diandalkan… Seperti yang saya bilang di post tentang Indonesia yang bisa hidup dr pariwisata aja, jelas kalau dibuat seperti ini mungkin akan ada program acara yang tahan 7 turunan...hahaha..

God Bless Indonesia..!

Merry Christmas 2015!