Wednesday, March 18, 2009

menjadi kota besar...

kurang lebih 1 tahun lagi, kuliah selesai... gw sangat tertarik dengan lingkungan kota...entah kenapa. Sama seperti gw yang jadi senang ngblog lagi sejakmasuk kul, entah kenapa...

kota...banyak bgt yang bisa ditinjau buat diteliti... Menariknya, arsitektur berhubungan dengan tinjauan-tinjauan tentang perilaku manusianya. Dalam melihat sebuah kota memang lebih gampang untuk melihat yang fisiknya, bangunan, vegetasi, jalan raya, dsb.

Tapi, kota itu sendiri dibangun untuk manusia. Lingkungan manusia itu sendiri. Semakin lama kota berdiri semakin besar, besar, dan besar. Banyak istilah (berbagai kategori) yang dipakai untuk menunjukkan "kehebatan" sebuah kota.. Apa itu fungsinya, berdasarkan luasnya, berdasarkan jumlah penduduk, dll. Contohnya kota satelit, metropolis, megapolis, dsb. 

Namun yang gw liat adalah,,

Perkembangan kota selalu berlawanan dengan perkembangan moralnya. Kota maju, tapi moralnya makin turun. Katakan saja pendidikannya juga maju dan berkembang, tetapi tetap, moralnya turun... Suatu dampak tetap.. Lagi...entah kenapa..

Merry Christmas 2015!