Sunday, December 23, 2012

Review 2012



 Lots of things

Seperti tahun-tahun sebelumnya, saya mencoba konsisten untuk me-review apa saja yang telah terjadi selama satu tahun terakhir. Termasuk, apa-apa saja yang menjadi resolusi saya di tahun 2012.

Sekali lagi, hal-hal seperti ini ditulis untuk melatih diri sendiri untuk belajar membuat visi (baca New Year 2012). Hal lainnya hanya untuk melatih skill menulis dan menyalurkan hobi menggambar, yang saya sering masukkan sebagai ilustrasi ditiap-tiap post.

1. Pelayanan
Thanks God, buat peningkatan pelayanan di tahun 2012. Saya bisa melakukan pelayanan lewat hobi dan latar belakang ilmu yang sesuai, arsitektur. Tahun ini saya dan adik saya bisa bekerja sama dengan salah seorang profesor sipil dari ITB untuk melayani lewat merancang sebuah gereja di Sintang, Kalimantan.
Berkat yang bertambah mengajar saya untuk memberi dan menabur lebih banyak lagi.

2. Keluarga
Thanks God! Pengalaman yang luar biasa selama 6 bulan dari Januari-Juli karena selama itu kakak saya lagi stay di Indonesia. Memberikan dorongan, semangat, dan banyak masukan untuk penyelesaian tesis. Termasuk mengadakan acara reuni dengan teman dan guru sekolah SD.
Congrats buat Kakak saya yang melanjutkan S2-nya di Jerman. GB dan sukses!

3. Pendidikan
Thanks God! Akhirnya bisa menyelesaikan pendidikan S2 dengan hasil sangat memuaskan. Terima kasih juga untuk keluarga, para dosen, teman-teman yang membantu selama dari proses awal, survey, atau proses penyusunan. Tuhan? Pastinya…kesehatan selama tesis saja sudah merupakan anugerah yang besar.
 Target waktunya agak meleset, lebih dari 2 tahun (2 tahun 2 bulan). Target wisuda Juli, ternyata mundur hingga Oktober.

Akan tetapi justru saya mendapat banyak proses dan pembelajaran dari Tuhan terlebih saat-saat penulisan tesis. Saya merasakan bahwa hal ini menjadi prioritas utama dan ternyata menyita cukup banyak perhatian, waktu, dan tenaga untuk memulai dari awal hingga akhir. Waktu-waku lebih yang ada justru saya pakai untuk tidur daripada menulis. Haha.

Oleh karena itu, banyak detil-detil kejadian yang belum saya post satu per satu seperti review 2010 (2010 : Tahun Percepatan).

Congrats buat teman-teman arsi di pascasarjana yang udah lulus juga dan semangat buat yang sedang menyusun tesis.

4. Pekerjaan
Thanks God! Saya menetapkan untuk terjun ke dunia akademik. Beberapa pihak agak membatasi karena beralasan kerja di dunia akademik ‘tidak ada uangnya’. Tapi… no problem, sejauh saya enjoy dan punya passion buat ber-akademik, saya lebih yakin dan mantap bahwa di dunia kerja inilah Tuhan akan tempatkan saya.

Keraguan saya tentang pekerjaan di bidang ini saya percaya sudah Tuhan jawab dengan pasti. Satu tempat yang saya tergetkan untuk bekerja, Tuhan balas dengan menyediakan 3 peluang tempat sekaligus. You are amazing God!
Seorang HT berkata bahwa kerja sesuai passion dan talenta akan membuat diri sendiri merasa nyaman dan percaya diri sehingga akan memudahkan untuk mengembangkan diri.

5. Gambar
Thanks God! Tahun ini saya bisa membuka sayap untuk talenta yang satu ini. Kali ini saya bisa mencoba menggambar yang paling saya tidak sukai dan saya takuti sejak dulu, gambar portrait wajah! Karena setiap menggambar gagal terus, saya merasa ngga bisa untuk urusan gambar portrait.
Terima kasih buat teman-teman yang bersedia untuk menjadi bahan ‘uji coba’ latihan gambar. Lewat para sukarelawan itulah saya akhirnya mencoba berbagai teknik sketsa, render, dsb untuk gambar portrait. Setelah dicoba, ternyata memang tidak semenakutkan yang saya kira sejak dulu.

Tahun ini, saya pun mencoba range lain dalam menggambar yaitu, kartunis. Menyenangkan juga karena harus putar-putar otak untuk mendapatkan ilustrasi yang bagus. Tapi masih belajar untuk bisa tampil lebih baik. Saya harap 2 range baru ini bisa lebih dipoles di masa-masa ke depan, termasuk mencoba range2 yang baru lagi.

Dan, tidak diduga, ternyata saya lebih produktif menggambar tahun ini, dengan total kurang lebih 150 gambar (yang saya upload dan tidak di FB).

6. Bahasa
Entahlah,, bakat yang satu ini agak kalah jauh dengan kakak saya yang dapat dengan mudah belajar bahasa. Salah satu target saya yang progressnya agak lambat adalah melancarkan skill bahasa inggris. Berbicara atau menulis masih tampak sangat sulit. Walaupun, akhirnya bisa juga melakukan presentasi di Seminar Udayana, Arcasia Bali bahkan diskusi tanya jawab dengan bahasa inggris. Skill listening atau membaca tidak terlalu kurang, tapi saya memang harus meningkatkan progress bidang ini.

Salah satu cara yang saya pakai sekarang adalah membiasakan membuat catatan dengan bahasa inggris. Tapi, begitu ketemu istilah aneh/sulit/vocab baru saya ganti dengan bahasa indonesia. Jadi aja bahasanya campur-campur.

7. Friends
Congrats buat teman-teman di tahun 2012 yang sudah melakukan pernikahan. Semoga Tuhan selalu memberkati dan memberi perlindungan buat keluarga kalian!!

Congrats juga buat teman-teman (yang saya tahu) telah mendapat promosi dari tempat-tempat kerjanya. Kerja keras tidak pernah sia-sia, betul? Hayuu kita kumpul2, kongkow2 reunian… :D
Sukses juga buat teman-teman yang melanjutkan studi master di Indo ataupun di luar negeri.

Merry Christmas 2015!