Sunday, February 27, 2011

Wisudarsss - 3rd graduation


"Jika tua nanti kita telah hidup masing-masing, ingatlah hari ini"
Ingatlah Hari Ini - Project Pop

Di Balik Layar Pion-pion Wisudars

Yang namanya gambar, bisa macem-macem. Secara pribadi, saya senang untuk membuat gambar yang ada maknanya. Hampir semua gambar/karikatur saya buat demikian. Sederhana saja supaya mudah ‘dibaca’. Selain asik buat dilihat, tapi ada pesan-pesannya juga yang bisa diambil.

Keasyikkan ini ditambah lagi setelah melihat jepretan-jepretan Wisnu Nugroho yang lewat foto simplenya bisa bercerita sangat banyak. Katanya "mengabarkan yang tidak penting agar yang penting tetap penting"

Pion Catur

Kelulusan sebenarnya bukan sebuah ‘pintu’ gerbang akhir. Tapi, gerbang awal untuk memulai perjalanan hidup yang lebih panjang. Hal ini ngga cuman terbatas di kelulusan tingkat universitas (ke dunia kerja, misalnya), tapi dari SD-SMP, SMP-SMA, dst… Setiap tahap ada tantangan-tantangan yang baru.

Setelah dipikir, proses ini sama halnya kaya bermain catur, tapi pakai pion. Main catur perlu berpikir, perlu menentukan langkah2 apa yang diambil. Jujur saja, saya merasa bahwa yang namanya fresh-grad masih tergolong cupu soal pengalaman. Tak terkecuali saya juga.

Pion cuman bisa jalan maju, satu langkah satu. Ia perlu bergerak diagonal (ubah track) kalau mau menyerang. Uniknya, jika pion selamat mencapai garis finish, dia bisa berubah. Itulah sedikit tentang yang saya pikirkan sebelum menjatuhkan pilihan.

Wisudars I

Beginilah… saya gambarkan wisudawan/wati (atau setidaknya personifikasi saya pribadi yg menjadi wisudawan) sebagai pion bertoga yang sedang tersenyum (bangga), siap menempuh perjalan hidup baru (ceileee)… Singkat, Raja dan Ratu adalah orang tua atau pihak keluarga yang selalu memback-up selama ini. Jangan ketinggalan dan jangan terlupakan, menteri dan benteng yang adalah temen-temen sendiri yang juga ikut mendukung.

Wisudars II

Seri kedua menggambarkan hal yang sama, kini teman-teman yang lulus (tampil dengan toga) dirayakan bersama dengan yang sudah lulus (tampil berdasi) dan akan lulus ikut (melambai2 di belakang).

Wisudars III

Hal tampak serupa, perjalanan ini masih panjang… Panggilan Joeang (saya kutip dari Nanda). Siap menjadi legend di kemudian hari (masih dari Nanda juga)…

Saya harap bisa terus sampe semua teman-teman nolenam lulus semuah…amiinn. *fingercrossed (halaaah)…



Ingatlah Hari Ini

Ngga cuman hari ini, tapi semua wisuda2 buat nolenal yang udah lewat dan yang akan datang (masih ada reuni tahun 2016)...
Setelah melalui 2 wisuda sebelumnya, ngga kerasa sudah sampai di wisuda ke-3 (wisuda 1 dan wisuda 2), akhirnya sampai juga di wisudars yang ketiga...

~selamat kawan yang udah lulus, juga yang udah pada dapet kerja!!~~ sukses selalu!!

Jangan jadi kacang lupa kulit ya! jgn lupa ama gw kalo udah jadi orang sukses!! =D

Kamu sangat berarti, istimewa di hati s'lamanya masa ini
Jika tua nanti kita t'lah hidup masing-masing,
Ingatlah Hari Ini...

Legend bangget!

Merry Christmas 2015!