Thursday, February 17, 2011

Power of Vision

this is my mission


Kalau punya visi, jangan mau “ngeflow seperti air”. Di mana-mana air ngalir ke tempat rendah.

Tujuan VISI? Sederhananya visi adalah sesuatu yang mau dicapai di masa depan.

Berdasarkan pengalaman, suatu hal yang sangat bagus mempunyai visi. Visi membantu setiap orang (saya sendiri) untuk mengontrol apa yang akan dicapai dalam jangka waktu tertentu.

Contohnya, adalah apa yang orang sering sebut dengan resolusi. Resolusi=visi dalam satu tahun. Akan tetapi, saya tetap membuat visi-visi saya dalam jangka waktu yang lebih pendek, misal 3 bulan-an, 6 bulan-an, dst… Hal ini membentu saya dalam mengejar apa yang saya targetkan dalam satu tahun.

Ada ilustrasi tentang visi dari Tukang Batu :

1. Ia tidak tahu tujuannya memasang batu.

2. Ia tahu bahwa ia mau membuat tembok.

3. Ia tahu bahwa ia mau membuat sebuah rumah

Dalam ilustrasi ada 3 orang tukang yang menggambarkan rentang dan spesifikasi masing-masing visinya. Alasan kenapa perlu visi dalam jangka panjang. Jika sejak awal sudah mengetahui bahwa akan membangun sebuah rumah, maka pemasangan tembok akan dilakukan berhati-hati supaya menjadi rumah yang baik. Tentu akan berbeda kalau hanya tahu tugasnya memasang batu saja. Mau miring atau lurus yang penting batunya terpasang.

Ada 3 hal dalam mambuat visi :

1. Visi harus jelas dan tidak kabur – spesifik

2. Dapat diukur

3. Ada batas waktu

~~ JS

Merry Christmas 2015!