Thursday, February 24, 2011

Bible & Science 19 - tanya kenapa?

2 Petrus 3:3-9

Salah satu ayatnya berbunyi “ … merek asengaja tidak mau tahu, bahwa oleh firman Allah langit telah ada sejak dulu, dan juga bumi yang berasal dari air, dan oleh air, dan bahwa oleh air itu, bumi yang dahulu telah binasa, dimusnahkan oleh air bah…Tuhan tidak lalai menepati janjiNya”

Rasul Petrus mengatakan bahwa pada hari-hari akhir akan muncul orang-orang yang akan menyerang TIGA bidang dasar yang ada di Alkitab :

1. Penciptaan alam semesta oleh Tuhan (ayat 4-5)

2. Adanya air bah (ayat 6)

3. KedatanganYesuskedua kali (ayat 3,4, 7)

Tentu, orang-orang ini datang menyerang Alkitab menggunakan ilmu pengetahuan sebagai senjatanya.

Perlu diperhatikan bahwa apa yang dibilang Rasul Paulus sebagai “ilmu pengetahuan yang palsu” hanyalah menyangkut ilmu pengetahuan yang telah diselewengkan atau disalahgunakan, yang bertentangan dengan ajaran Alkitab.

Ilmu pengetahuan yang sejati menunjang isi Alkitab di atas semua buku-buku teks ilmu pengetahuan apapun. Buku-buku teks ilmu pengetahuan dan teori-teori perlu mengalami perubahan dan peninjauan kembali hampir setiap tahun kalau menusia menemukan bukti-bukti penemuan yang baru.

Dr. Charles Pallaghy adalah seorang ahli ilmu pengetahuan dalam bidang biofisika tumbuh-tumbuhan. Ia dikenal berkemampuan ulung untuk memaparkan fakta-fakta ilmiah, argumentasi, dan teori di bidang ilmu pengetahuan. Apa yang dia paparkan bukanlah bertentangan dengan fakta-fakta ilmiah, melainkan selaras dengan fakta-fakta ilmiah. Walau sebagian besar pendapatnya tidak selaras dengan banyak teori tentang evolusi.

Meskipun buah pikirannya tidak didukung oleh rekan-rekan sekerjanya, tetapi mereka pun tidak punya kemampuan untuk mempersoalkan tentang pendapat-pendapat Dr. Phallagy dari segi ilmiah – mereka sama sekali tidak mau menerima hipotesa yang menyatakanTuhan ikut campur dalam proses penciptaan alam semesta -.

Matthew Fontaine Maury (pada tahun 1860) adalah orang pertama yang menyatakan bahwa lautan merupakan jaringan air yang mengalami peredaran. Ia dasarkan kesimpulannya atas landasan oseanografi yang dia kumpul kan sendiri, maupun berdasarkan pengetahuan yang dia selidiki dari Alkitab.

Namun, sampai abad ke-20, terbukti dasar samudera masih dianggap tidak berarus!! (ilmuwan sengaja tidak mau tahu – karena Maury bersumber dari Alkitab)

Baru setelah itu, pada akhirnya manusia mengetahui fakta-fakta itu. Untuk mengenang jasa Maury, didirikan sebuah tugu peringatan di Goshen, Virginia, AS sebagai penghormatan atas jasanya, dengan tulisan :

“Matthew Fontaine Maury, pelopor pengetahuan kedalamlautan, seorang jenius yang pertama mengungkap rahasia hukum-hukum lautan dan atmosfir… Ilhamya : KitabSuci!”

Apa monument ini didirikan bagi ‘kemegahan’ ilmu pengetahuan atau sebenarnya bagi kebenaran Alkitab sebagai kitab suci yang menjadi andalan (Dr. Maury) manusia?

~~ilmupengetahuandanAlkitabseharusnyaberjalanbersama~~

*Alkitab dan Ilmu Pengetahuan (Dr. Charles Pallaghy)

Merry Christmas 2015!