Sunday, August 29, 2010

College 3 : OsJur 2




Ospek jurusan atau saya lebih senang dengan menyebutnya masa orientasi (sedikit lebih jauh dari konotasi ospek=siksa2an) memang diadakan oleh mahasiswa untuk mahasiswa. Biasanya angkatan yang tahun sebelumnya dengan bantuan angkatan-angkatan aktif (dan pasif) yang lebih tua. Jadi, misal masuk angkatan 2010, maka kepanitian MOS berasal dari angkatan 2009.

Selain mengenalkan lingkungan kampus dan segala seluk beluknya. Maksud saya kelas2 buat kuliah, kantin2 yang ada di sekitar kampus buat makan, buat nongkrong2, tempat fotokopi mana aja yang bisa dipakai, alat2 tulis apa saja yang akan digunakan selama kuliah, dll2nya, MOS ini punya maksud lain.

Peminat jurusan ini yang makin besar, artinya makin banyak juga mahasiswa yang diterima oleh pihak universitas (terlepas dosen dan ruang kuliahnya mencukupi atau tidak). Nah, dengan 1 mata kuliah utama, Studio, satu angkatan dijejal ke dalam 1 ruang untuk kuliah ini. Dua kali dalam seminggu kita akan bertemu teman2 satu angkatan yang dibagi ke dalam kelompok2 kecil dengan dosen dan asisten masing2.

Jadi, dalam MOS, kita dikehendaki untuk mulai mengenal dan bersosialisasi (yang tentu, tanpa disuruh pun, ini adalah hal mendasar yang akan dilakukan orang2 kecuali kalau mereka memang ansos). Kalau sudah ansos, apatis, asik dengan dunianya sendiri, mau disuruh kenalan juga tetap diam saja.

Merry Christmas 2015!