Friday, October 23, 2009

Bible 'n Science 11 - No to Racism 1

say no to racism

Ketika Allah menciptakan Adam, manusia pertama di bumi, ia berada di Taman Eden, yang kalau dilihat dari ciri2nya ada di sekitar timur tengah (sungai tigris dan eufrat). Nah, yang jadi pertanyaan adalah kalau Tuhan menciptakan manusia ini satu (jenis) kenapa kita termasuk gw harus mengenal yang namanya ”rasisme” di jaman sekarang? Padahal logisnya kita manusia sebumi masih satu ras juga.


Well pertanyaan yg cukup susah dicari jawabnya. Akan tetapi, kalau melihat betapa luar biasanya “sistem” tubuh manusia yang diciptakan Tuhan, gw bisa mulai mengerti juga.

Sejak adanya Adam dan Hawa, Allah memberi perintah kepada manusia untuk berkembang biak dan memenuhi bumi. Manusia berkuasa diatas makhluk-makhluk hidup lainnya. Yang gw sadar, yang dimaksud berkuasanya manusia mungkin karena ia punya anggota tubuh yang geraknya sebebas-bebasnya, melebihi makhluk lain; lebih lagi karena manusia punya akal budi.
Ketika manusia “sudah” memenuhi bumi, maka tubuh manusia mengeluarkan “jurus: rahasianya, yaitu beradaptasi. Kondisi permukaan bumi yang berbeda-beda membuat tubuh manusia beradaptasi dengan cara yang berbeda juga

Lebih jelasnya, gw bisa lihat dari kondisi sekarang,
Kenapa harus ada orang berkulit hitam dan berkulit putih? Apakah kulit hitam lebih buruk dari kulit putih? Warna pada kulit berasal dari pigmen warna yang diproduksi tubuh manusia untuk menangkal sinar UV matahari supaya kulitnya tetap hidup. Nah, kulit yang terang berarti kulit orang tersebut tidak memroduksi pigmen yang banyak. Banyak sedikitnya matahari berdasarkan posisi lintang daerah tersebut. Oleh karena itu, orang-orang Eropa relatif berkulit terang (putih) dan orang-orang yang tinggal di daratan Utara atau Selatan. Semakin dekat khatulistiwa, daerah tersebut makin panas dengan siraman matahari. Jadi, logis bahwa orang-orang di daerah tropis pada umumnya berkulit gelap. 

Sama halnya dengan perbedaan-perbedaan fisik lain yang bisa kita lihat dari “ras” yang berbeda-beda. Tinggi tubuh, berambut atau tidak, sampai detail-detail bagian tubuh lainnya. Kesimpulannya, jelas, rasialisme itu seharusnya tidak ada.

Merry Christmas 2015!