Sunday, May 10, 2009

berapa umurnya?

Satu cara ini bisa dibilang salah satu ‘tradisi’ turun temurun keluarga. Sejak jaman kakek gw dulu, beliau mengajarkan untuk membiasakan diri memberi tanggal pada barang-barang yang baru dibeli, dipakai, dsb, yang penting barang baru. Cara ini diturunkan ke nyokap gw dan saudara-saudarinya. Begitu juga kepada cucu-cucunya.

Nyokap gw juga selalu memberi tanggal pada barang-barangnya, sekaligus mengingatkan anak-anaknya untuk membiasakan hal ini. Dalam banyak hal, nyokap gw pakai cara ini. Salahsatunya menanggalkan barang seperti deterjen, bahan makanan, bahkan bolpen sekalipun.Sejak meninggalnya kakek gw, tradisi itu mulai ngelotok dan jadi kebiasaan yang ngga disadari lagi. 

Dari cara itu, sebenarnya kita bisa melihat seberapa apikkah kita? Dilihat dari ‘umur’ barang yang kita pakai. Apalagi kalau barang mahal, wajib diberi tanggal. Belajar supaya apik dengan barang, mencoba berhemat tapi bukan menjadi orang pelit. Lagipula, bila sudah menjadi orang yang apik, kita bisa lihat juga bagaimana kualitas suatu barang yang diproduksi. Apakah tahan lama atau memang barang murah(an). Buktinya, ada barang-barang di rumah yang telah merayakan HUTnya yang ke 20 tahun hingga sekarang, berdasarkan tanggal yang tertulis. LOL…

Merry Christmas 2015!