Tuesday, April 10, 2007

write a blog

Gw cukup lama berlatih menulis blog. Perlu pengalaman dan pengetahuan… Kenapa?
Gw mencoba “mensurvey” blog-blog punya teman-teman yang memang dikelola cukup baik oleh penulisnya.

Blog-blog yang gw survey hanya berdasarkan hal-hal di bawah ini :
1. Penulis menyampaikan ceritanya dengan rapi. Ia pakai kata-kata yang jelas, mudah dibaca dan dimengerti.
2. Penulis bisa mengajak para pembaca untuk turut berinteraksi dengan tulisannya (persuasive). Ikut berpikir apa yang penulis pikirkan, ikut merasakan apa yang penulis rasakan, dsb.
3. Bisa ada maksud/makna yang mau disampaikan oleh penulis.
4. (tambahan) Penulis bisa memberikan sentuhan dalam desain halaman blognya. Ia berikan gambar/foto dan/atau tampilan tulisan sehingga pembaca santai saat membaca.

Akan tetapi, itu bukanlah suatu patokan baku. Setiap orang punya gaya menulisnya sendiri-sendiri. Yeah… Be yourself!

Singkatnya, dalam penulisan blog, gw punya kesimpulan :
1.penulis punya pengalaman yang memberikan sesuatu bagi orang lain. Entah luapan emosi, kegembiraan, apapunlah…
2. penulis punya pengetahuan seputar topic yang dibawakan. Jadi, ngga 100% sotoy abis.
3 penulis santai dalam penyampaian.
4. bisa mencerminkan “gue banget!”
5. akan lebih baik, penulis tidak hanya menceritakan kehidupannya yang serba ini atau itu, tetapi memberi tanggapan akan hal-hal yang terjadi di lingkungan sekitarnya.
Khusus untuk point ke-5, gw hanya menemukan beberapa blog saja yang seperti itu. Thumbs up 4 you!

>_as’07_<

Merry Christmas 2015!