Thursday, March 15, 2007

sekolah?!

Sekolah sebagai salah satu (atau satu-satunya) jalur pendidikan formal di Indonesia ato mungkin di luar negeri juga. Apa perlu sekolah? Apa sih gunanya? Gw coba liat satu-satu…
Sekolah berfungsi sebagai tempat pendidikan, gw dapet pelajaran untuk menambah wawasan dari yang ngga tau jadi tau (biasalah ya). Gw rasa untuk TK sampai SD maksimal SMP bolehlah… Banyak yang bisa dipelajari, belajar sosialisasi, ya banyaklah (gw akui itu). Gw pikir sekolah dijenjang mungkin untuk menyesuaikan perkembangan kemampuan otak juga. Makin tambah umur, proses otaknya makin cepet (mudah2an, soalnya sampai jd mahasiswa aja masih ada yang lemot).

Hanya untuk SMA, untuk beberapa orang yang tahu akan “tujuan hidup” selanjutnya, kenapa harus mengikuti pendidikan umum juga. Katakanlah, si A mau masuk jurusan A di universitas U. Jadi kalau udah tau, mending 3 tahun SMA diganti aja biar belajar dasar2 pelajaran yang memang dibutuhkan pas kuliah nanti. Buat apa belajar semuanya coba? Ngga guna. Ngabisin uang. Ngabisin waktu. Ngabisin memori otak. Akan lebih baik begitu kan? Egois? Ah ngga juga… Bisa kan cari tau lebih dulu (menentukan pilihan) mau masuk jurusan apa kuliah nanti.
SMA asik buat sosialisasi, main, segalanya tentang teman dan sahabat. Ya setuju. Tapi ngga dengan pelajarannya. Terlalu.
Yaa setidaknya lebih lega bisa diungkapkan. Toh gw udah lewat masa itu… Moment-momentnya memang tidak akan terlupakan..

“School are supposed to be able to help us express ourselves. Without knowledge of music, we are being deprived of a uniqe form of communication” (Kenny Byrd)

>_as’07_<

Merry Christmas 2015!