Tuesday, June 07, 2011

Survival -Water

Water..water..

Dalam setiap perjalanan ke suatu tempat, satu barang yang pasti selalu dibawa adalah persediaan air. Termasuk saat perjalanan kemping. Satu hal yang saya ingat ketika berjalan di alam adalah faktor survival. Air adalah salah satunya yang perlu diusahakan untuk didapat. Manusia bisa bertahan lebih lama tanpa makanan, tetapi tidak dengan air. Dehidrasi adalah dehidrasi.


Ketika suatu waktu stok air habis, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan air (saya hanya merangkum dan menggabung dari berbagai program di Discovery Channel dan NG)

1. Teknologi (I Didn’t Know That_NG)

Dengan bantuan teknologi, sekarang tersedia penyaring air portabel. Penyaring air ini cukup kompak. Bentuknya seperti pipa, difungsikan seperti sedotan. Di dalam pipa sudah disusun material2 penyaring sedemikian rupa sehingga air yang diminum tidak berbakteri, tidak berwarna, tidak berbau. At least cukup aman untuk diminum. Menurutnya kapasitasnya bisa menyaring hingga 700 liter air. 700 liter adalah jumlah rata-rata kebutuhan air per orang per tahun.

2. Bambu (Man vs Wild with Bear Grylls_Discovery Channel)

Bambu salah satu pohon yang bisa menyimpan air banyak. Tapi cara ini setidaknya perlu sedikit skill untuk memilik bambu. Bambu harus cukup besar dan memilih bambu yang sudah tua, ruasnya lebih besar, menyimpan air lebih banyak. Pilih ruas kira2 setinggi dada hingga kepala.

3. Pohon Pisang (Man vs Wild with Bear Grylls_Discovery Channel)

Air bisa didapat juga dengan memotong pelepah pohon pisang. Tebang pohonnya, dan sisakan batangnya kira2 setinggi betis atau mata kaki. Buat cekungan di tengah pelepah kamudian di tutupi supaya tidak ‘tercemar’ dengan benda2 yang jatuh. Cara ini perlu waktu karena memanfaatkan daya hisap pohon.

Airnya memang mengandung zat2 (getah?) pohon, tapi masih bisa diminum hingga takaran tertentu. Konsumsi berlebihan, akan membuat rasa di mulut agak tidak enak.

4. Air Seni/Urin (Man vs Wild dan I Didn’t Know That)


Drink ur urine!

Cara ini seringkali dipakai untuk keadaan sangat terdesak. Cara Bear Grylls memang lebih ekstrim daripada yang digunakan oleh ilmuwan NG).

Bear Grylls memberi contoh dalam keadaan sangat ekstrim (minim perlengkapan dan perlatan), urin langsung ditampung dalam wadah untuk sekali2 digunakan. Cara ilmuwan NG ‘lebih aman’ dengan memanfaatkan science dan perlatan.

Urin ditampung dalam panci yang dipanaskan. Ditengah2nya diberi wadah kosong. Kemudian tutup dengan tutup terbalik. 95% dari urin adalah air, 5% sisanya adalah garam, urea, dan mineral2 lainnya yang dibuang oleh tubuh. Ketika urin dipanaskan dan diuapkan, air akan menguap dan tertahan di tutup panci. Air yang terkumpul akan turun dan masuk ke dalam wadah di tengah panci. Dengan begitu, air akan terpisah dari urin.

Terdengar menjijikkan, tapi science membantu untuk memberi solusi sedikit lebih aman.


Merry Christmas 2015!