Saturday, June 18, 2011

Kuliah lagi atau kerja?

Kerja ato kuliah ya?


Topik yang satu ini biasanya keluar jadi bahan obrolan di masa menjelang akhir2 kuliah. Bahan obrolan ini masih rame juga di masa-masa pasca lulus kuliah/wisuda (buat yang lanjutin kuliah).

Kalo kerja :

Lo kerja? Kerja di mana? Bikin sendiri? Dapet gaji berapa? Tinggal di mana? Kok bisa dapet di sana? Kerja santai atau rodi? Bisa FB-an di kantor? Siapa bosnya? Siapa aja yang kerja di sana? dan seterus2nya (kadang sampe pertanyaan2 ngga penting pun keluar)…

Kalo kuliah :

Gile kuliah lagi lo? Ngga bosen apa? Kuliah di mana? Ngambil jurusan apa? Sambil kerja ngga? Berapa duid? Kapan kelarnya? Siapa aja yg kuliah lagi? dan seterusnya sampe pertanyaan atau celetukan2 : kapan mo merit lo, sekolah mulu?

Pertanyaan-pertanyaan di atas sebenarnya sangat lumrah. Udah jadi sifat dasar manusia dari sononya, rasa ingin tahu yang besar dan sangat detail… Buat menentukan pilihan yang mana, sebenarnya mudah saja. Tidak perlu diambil pusing. Keputusan ada di tangan masing-masing.

Yang jelas, diskusi sama orang tua. Orang laen (teman2) boleh ngasih masukan buat pertimbangan tapi bukan mereka yang menentukan masa depan kita. Kita yang jalanin, bukan mereka.

Kuliah

Kenapa kuliah lagi? Dari sekian banyak pertanyaan di atas, yang satu ini lumayan sering juga saya dengar. Kuliah lagi, pada dasarnya ya untuk mendapat pengertian dan pemahaman yang lebih baik (jika dalam jurusan yang sama, misal dari hukum ke hukum lagi). Namun, bisa saja buat mencari ilmu lain yang bisa ‘dikolaborasikan’ bersama (misalnya dari desain produk lanjut ke bisnis manajemen).

Balik lagi, semuanya adalah keputusan masing-masing. Apa lo mau sekolah lagi (gelar magister)? Kalo ngga, ya langsung cari kerja aja. Kerja ke orang lain, lanjut usaha ortu, ato merit dsb. ,Kalo ya mau sekolah lagi, BULATKAN dan tetapkan tekad aja untuk kuliah lagi. Biasanya pilihan ada dua. Langsung kuliah atau mau kerja dulu cari pengalaman baru kuliah lagi.

Kenapa diri sendiri harus yakin untuk sekolah lagi atau ngga, karena jika sekolah laginya memang karena kemauan, jelas ngga akan ngejalanin sebagai beban. Beban di sini bukan cuman buat diri sendiri, tapi juga buat orang lain. Kok bisa? Logis saja, pertama ada ortu yang cari duid buat bayarin kuliah, kedua akan lebih sering bertemu dengan tugas2 kelompok. Seharusnya menyadari bagaimana jika seseorang tidak serius, maka akan mempengaruhi nilai orang lain.

Simpel aja, kalau ngga yakin, lebih baik ngga usah.

Pilihan kedua biasanya ‘dipakai’ sebagai jeda ‘kebosanan’ sekolah. Akan tetapi, seringkali juga jadi jebakan sendiri. Karena sudah keenakan ‘megang duid’, ngga kerasa malah malas sekolah lagi. Oleh karena itu, sebagian besar melakukan opsi pertama. Jika bisa keras terhadap diri sendiri, pilihan kedua pun tidak masalah.

Kerja

Kenapa kerja? Masuk dunia kerja bukan semata-mata hanya rutinitas kehidupan. Tapi gimana mengaplikasikan ilmu yang udah didapat selama kuliah/sekolah buat orang lain. Gimana pengalaman-pengalaman baru, bimbingan dari orang-orang yang berpengalaman dapat membantu melengkapo ilmu yang udah di dapat. Beraaat bgt…=.=’

Ttg kerja, saya ingat seorang teman yang menceritakan apa yang diceritakan bosnya di tempat kerja. Kurang lebihnya mungkin seperti ini: kalau kerja, kerjalah yang seimbang. Jangan sepenuh waktunya habis buat kerjaan. Fokus terhadap pekerjaan adalah sesuatu yang baik, tetapi jangan sampai melupakan keadaan di sekitar. Dalam pengertian sederhananya, kalau udah kerja, jangan lupa cari pendamping hidup! Make sense…

Lanjut lagi,, sehebat apapun seseorang dalam bidang pekerjaannya, tetapi kalau tidak bisa menyeimbangkan kehidupan sih, yaa sama saja masih ‘kurang ahli’ mengatur… *jadi ngelantur kemana2*

***

Salah satu masukan kepada saya adalah : kalau sama sekali tidak berminat terjun ke dunia akademis, silakan kerja saja. Berusaha yang terbaik dan menjadi yang terbaik sebagai profesional. Kenapa? [bersambung…]

Merry Christmas 2015!