Wednesday, July 14, 2010

Vive la difference!



Sambil mengutip dari buku-buku, akhirnya saya menulis tentang ini terinspirasi oleh sedikit "keluhan" seorang teman beberapa waktu lalu.

Pada umumnya cewe bekerja pada tingkat metabolisme yang lebih rendah daripada cowo. Menurut saya, cukup penting untuk mengerti keunikan antara cowo dan cewe jika berharap untuk hidup selaras. Kitab Kejadian mengatakan bahwa Allah menjadikan dua jenis kelamin, dan Dia menciptakan dengan tujuan tertentu. Cowo dan cewe diciptakan untuk saling ‘melengkapi’, tak hanya dalam konteks seksual, tetapi dalam hal kejiwaan juga.

Ada baiknya jika melihat artikel Dr. Paul Popenoe tentang perbedaan-perbedaan antara cowo dan cewe yang berjudul “Apakah Memang Wanita Itu Berbeda?”

Salah satu dari bagian yang sulit diterima di dalam gerakan kebebasan cewe dan gerakan serupa adalah usaha yang mencoba memperkecil perbedaan antara cowo dan cewe. Sanggahan utama dalam debat mereka adalah bahwa perbedaan-perbedaan antara kedua jenis kelamin ini terjadi karena perbedaan dalam pendidikan dan latihan, oleh karena itu bukan merupakan perbedaan yang dasar. Tapi pada kenyataannya kedua jenis kelamin berbeda dalam hal yang sama sekali tidak berubah, yaitu anatomi tubuh dan fisiologi. Ambil contoh, berdasarkan penelitian, kedalaman dan intensitas naluri dan perasaan keibuan dari seorang cewe berhubungan erat dengan lamanya periode haid dan banyaknya darah yang keluar pada saat haid (jelas bukan sekadar perbedaan dari hasil latihan)

Berikut beberapa perbedaan biologis antara cewe dan cowo yang penting dalam kehidupan sehari-hari dan pasti bukan hasil dari perbedaan latihan :

1. Cowo dan cewe berbeda dalam setiap sel tubuhnya. Perbedaan dalam kombinasi kromosom adalah penyebab utama dari munculnya sidat kelaki-lakian maupun kecewean.

2. Cewe mempunyai vitalitas hidup yang lebih kuat. Di AS, hidup cewe 3-4 tahun lebih panjang dari cowo.

3. Metabolisme dasar cewe pada umumnya lebih rendah dari cowo.

4. Dalam hal struktur tubuh, cewe memiliki kepala yang lebih pendeng, wajah yang lebih lebar, dagu kurang menonjol, kaki yang lebih pendek, dan tubuh yang lebih panjang. Gigi cowo lebih awet dari cewe.

5. Cewe memiliki perut, sepasang ginjal, hati, usus buntu yang lebih besar. Akan tetapi, paru-parunya lebih kecil dibandingkan cowo.

6. Dalam beberapa fungsi,, cewe memiliki beberapa hal yang tidak dimiliki cowo : haid, kehamilan, dan menyusui. Cewe punya lebih banyak hormon yang berbeda. Kelenjar yang sama bekerja dalam cara yang berbeda dalam cowo dan cewe. Cewe kebih mudah tertawa dan menangis.

7. Darah cewe mengandung lebih banyak air, ini berhubungan dengan supply oksigen di dalam sel tubuh. Cewe akan lebih mudah capai, bahkan cenderung jatuh pingsan.

8. Dalam hal tenaga kasar, cowo punya tenaga 50% lebih banyak dari cewe.

9. Perbandingan kemampuan energi /daya tahan nafas antara cewe dan cowo adalah 7:10

10. Cewe lebih tahan suhu yang panas.

Sebagai tambahan atas perbedaan fisiologi, kedua jenis kelamin diberkati oleh sejumah besar ciri-ciri yang emosional dan unik. Secara singkat bisa dikatakan bahwa kasih sayang ada hubungannya dengan harga diri cewe. Bagi cowo, pengalaman romantis bersama pasangannya sangat menyenangkan dan penuh kenangan, tetapi bukan suatu keharusan. bagi cewe, peristiwa itu adalah segala-galanya.

Rasa percaya diri dan semangat hidupnya berhubungan langsung dengan saat-saat lembut di mana ia merasa sungguh-sungguh dicintai dan dihargai oleh pasangannya. Itu sebabnya bunga lebih berarti bagi cewe daripada cowo. Inilah alasan kenapa peringatan tanggal-tanggal penting tidak pernah dilupakan cewe. Di sisi lain, itu juga sebabnya cowo sebaiknya jangan melupakan hal ini.

Keunikan masing-masing inilah yang memberikan kesegaran dan vitalitas dalam menjalin hubungan. Ia menciptakan seorang wanita dan memberikannya kepada Adam. Ia memberikan lebih banyak kekerasan hati dan sifat agresif kepada cowo dan lebih banyak kelembutan dan naluri untuk merawat kepada cewe, dan semuanya cocok untuk kebutuhan masing-masing dan saling melengkapi!

Merry Christmas 2015!