Wednesday, July 01, 2009

Bible and Science 7

serupa dan segambar dengar Allah

Apa yang gw tangkap adalah, inilah kita. Bentuk dan segalanya kita sebagai manusia. Semuanya bagian tubuh manusia adalah yang terbaik yang diciptakan Allah. Bagaimana susunan bagian-bagian tubuh kita. Mengapa begini dan mengapa begitu? Banyak pertanyaan yang belum terjawab, hanya Ia yang tahu yang terbaik. Kita atau bahkan gw sendiri hanya mencoba “mencari tahu”.

Bentuk tubuh manusia adalah yang terbaik

Sederhananya, ketika seseorang bertanya. Mengapa susunan wajah (letak mata hidung , dsb) seperti ini? Mengapa jumlah organ tubuh ada yang 1, ada yang 2, ada yang banyak? Kenapa harus ada bulu mata, harus ada alis? Kenapa jari tangan ada 5? Dsb, dsb… Gw memang bukan orang yang cukup tepat untuk menjawabnya. Mungkin kalau orang yang berprofesi dokter lebih cocok.

Contoh, apakah pernah berpikir, bagaimana kalau posisi hidung kita terbalik (lubangnya menghadap ke atas)? Lalu, bagaimana kalau hujan dan tidak bawa payung? Bagaimana kalau posisi bagian-bagian wajah diacak-acak, apakah akan tetap ganteng atau cantik?

Pernahkah menonton film tentang makluk-makhluk luar angkasa? Bagaimana rupanya? Gw bisa lihat sosoknyalah yang besar, yang menakutkan, yang menjijikkan, yang inilah, yang itulah. Akan tetapi, pernah memerhatikan untuk lebih seksama? Bagaimana bentuk tubuhnya, bagaimana posisi bagian tubuh dan bagian organnya?

Yup, pada dasarnya, bentuknya seperti manusia. Matanya ada 2, tangan dan kaki, telinga di bagian kanan dan kiri. Meskipun hal itu adalah karya imajinasi manusia, tapi manusia sekreatif pun punya keterbatasan untuk “menciptakan”. Ia hanya mengubah apa yang sudah ada.

Organ Tubuh manusia

Berapa lama waktu yang dihabiskan para ilmuwan untuk meneliti tentang tubuh manusia? 1 hari? 1 minggu? 1 tahun? Tuhan menciptakan tubuh ini dan dalamnya (organnya) adalah sempurna. Gw memang tidak tahu menahu banyak soal ini. Gw mencoba beri contoh.

Ketika kadar gula dalam darah seseorang menurun, tubuh menyediakan hormone adrenalin dan ketika kadar gulanya tinggi, tubuh memroduksi hormone insulin. Masih banyak hormone (zat-zat tubuh) yang berguna buat tubuh. Untuk membantu mencerna makanan lambung akan mengeluarkan asam lambung. Ketika tenggorokan kemasukan makanan atau air, tubuh secara sponton mengeluarkan “benda” tersebut dengan batuk (kita sebut tersedak). Ketika badan sedang mengalami gangguan, tubuh memberi sinyal dengan tanda2 sakit kepala, suhu tubuh naik. Ketika ada racun masuk, organ lever mengeluarkan penawarnya. Ada ginjal juga yang berfungsi sebagai penyaring racun dan kotoran. Ada jantung yang memompa darah tanpa henti. Ada paru-paru yang bisa menyaring udara. Ada hidung yang bisa mendeteksi lebih dari 10 ribu bebauan. Masih banyak contoh-contoh lain.

See? Pada awalnya gw pun memang tidak sadar. Akan tetapi, ternyata dari common sense itu gw menyadari betapa hebatnya tubuh yang diciptakan Tuhan itu. Semakin gw pelajari, semakin terkagum-kagum bagaimana tubuh manusia bekerja. Sekarang, hanya tinggal manusia nya saja, bagaimana gw menjaga tubuh ini tetap sehat.

Yesus sendiri datang ke dunia “memakai” tubuh manusia yang diciptakanNya. Bagaimana bisa kita tidak menghargai ciptaanNya yang sempurna?

Merry Christmas 2015!