Saturday, April 11, 2009

pemilu

mmm.. tanggal 9 kemaren, untuk kedua kalinya gw ikut pemilu langsung.. dengan cara baru lagi tentunya, di contreng...

ini pemilu atau tidak gw tidak berasa sebagai suatu hari yang "wah" atau gimana gitu... biasa aja. hal pertama, dateng ke TPS bareng keluarga di lapangan basket deket rumah, walau sudah ngga layak disebut sebagai lapang basket.

Pinggir2nya dibatasi oleh tiang2 bambu setinggi 80-100 cm, diantaranya ada tali-tali rafia yang diikat untuk pagar. Tapi,di bagian depannya ada 'lubang' karena tidak ada rafia diantara bambunya. Gw pikir pintu masuk padahal pintu keluar. Di mana 'pintu' masuknya? ternyata harus muter ke bagian belakang TPS.

Setelah memutar, gw dihadapkan dengan sebuah papan besar yang sudah ditempelin kertas2 segede gaban. Ni kertas untuk DPD, ini kertas untuk DPRD, bla bla bla... Dalam hati, ah ni siapa sih? gw ngga pernah kenal bahkan melihatpun belum pernah bahkan mendengar namanya aja ngga pernah.

Akhirya datang juga kesempatan nyontreng. 4 buah kertas yang dikasih panitia, terasa tebal. gw sangat yakin kertasnya bakal segede2 gaban kaya yang dipasang. Tempat nyontrengnya dr meja sekitar 3 meter x 60 cm, dibagi untuk 4 penyontreng. tiap orangnya ditutupi oleh  lembaran alumunium. Di 'box' penyontrengan, gw sempet berpikir, kenapa pemerintah harus repot2 keluarin biaya yang gede bahkan sangat gede untuk menyiapkan kertas suara. Kertas sebesar2 itu hanya diisi oleh garis bolpen yang ngga lebih panjang dari 20 cm? 15 cm?

___

Masih di hari yang sama, malam hari gw ngecek imel dan nyalain 'mesin' chat. Dapet sebuah link dr sodara... Ada seorang pemilih yang mencoba berkreasi dengan kertas suara. Hahahaha...funny enough.

dan setelah beberapa harinya, masuk berita banyak yang belum dapet kertas suara atau tida terdaftar sebagai calon pemilh. Sementara diluar sana, orang2 yang dapet hak unutk memilih, lebih cenderung maen2 dengan kertas suara. Apa tujuannya orang bikin partai dan ikut2an dunia politik?

Setelah lihat masa kampanye kemaren2 ini, dengan 'kreatifitas' tim suksesnya yang terpampang di poster2 dan baligo2... Gw atau orang2 harusnya mikir, apa orang ini mampu??? orang yang kaa gini mau memimpin negara? Apa kata dunia??hmmm...

Merry Christmas 2015!