Wednesday, April 28, 2010

i'm petrichor lover


“Listen to the rhythm of the falling rain”

Saya selalu senang di saat-saat hujan datang. Bukan karena banjir atau bencana bencana yang diakibatkan, tetapi dampak lain yang datang dari hujan.
Ternyata, saya tidak sendirian sebagai orang yang suka suasana hujan. Beberapa orang teman saya pun mengungkapkan hal yang sama. Ada sesuatu yang khas terjadi sesaat setelah hujan turun.

Setelah turun hujan tanaman seperti ilalang, rerumputan, dsb akan mengeluarkan wewangian yang khas. Wangi ini dinamakan senyawa PETRICHOR.
Entah bagaimana mendeskripsikan yang pas lewat kata-kata, tetapi petrichor ini seperti wewangian yang menyejukkan dan menyegarkan.

Walaupun tidak pasti, karena pada awalnya saya berpendapat, sensasi menyegarkan itu bisa saja datang dari udara yang telah ‘dicuci’ hujan dan oksigen yang dihasilkan dan dilepaskan tanaman secara bersama-sama. Akan tetapi, udara segar ini sedikit berbeda. Sensasi segar ini bisa juga saya rasakan ketika menyiram tanaman, bisa jadi petrichor juga. Hanya saja dalam kadar yang lebih sedikit.

Merry Christmas 2015!