Saturday, June 02, 2007

teamwork

“Coming together is beginning, keeping together is a process, working together is a success!”

Ya, banyak dalam bidang kehidupan sekarang bahka dalam hal-hal terkecil yang kita lakukan menuntut adanya sosialisasi. Kita perlu interaksi dengan lingkungan sekitar. Dan suka ngga suka, mau ngga mau sosialisasi ini memang sudah jadi barang wajib buat sukses.
Kalau punya sikap yang supel dan bersosialisasi tinggi, maka akan memunculkan apa yang namanya teamwork. Kalo udah ada teamwork…sukses, siapa takut?
Zaman global emang menuntut untuk lebih kerja dalam tim. Dalam lingkup yang lebih kecil, katakanlah dunia perkuliahan. Dimana kita sudah dituntut “lebih” daripada SMA. Dimana kita bertemu dengan karakter orang yang lebih beragam dari luar SMA kita, luar kota, atau bahkan luar pulau yang punya kebiasaaan dan adat berbeda.

Gw pakai contoh, UAS Estetika Pa Fathul untuk bermain drama. Sebagaimana biasanya kelas MKU berkumpul mahasiswa-mahasiswa dari angkatan, fakultas dan jurusan berbeda. Singkatnya, kelas yang terdiri dari 30-an orang ini dipimpin oleh 2 orang coordinator untuk dibagi ke dalam beberapa divisi untuk pementasan. Yah memang setelah perjuangan keras sang coordinator, akhirnya terbentuk juga divisi2nya (pemain, dekor, wardrobe & make up, sound, lighting). Kenapa bisa sesusah itu? Ngga lain karena orang-orangnya belum saling kenal! Orang-orang masih saling mengelompok dengan teman-teman sejurusannya.

Akhirnya, setelah beberapa minggu lewat, barulah mulai muncul komunikasi yang lebih lepas dari sebelumnya. Semua divisi yang ada mau ngga mau harus bisa kerja sama. Kekompakan tim harus dibangun. Ya memang teamwork itu juga akhirnya muncul saat tiap divisi itu kerja masing-masing. Pasti ada interaksi dong antara anggotanya. Anggota divisi udah kenal (minimal tahu), baru muncul kompak kelompok. Rasanya memang ngga gampang, kan tetep perlu inisiatif tiap individu untuk mau bersosialisasi.

Menurut seseorang dari divisi pemain yang tidak mau disebutkan namanya, “Kekompakan timnya sudah mulai sangat terasa sampai 2 minggu sebelum minggu UAS. Terlihat di saat gladibersih semua divisi bekerja sama. Yah biar pun ada sedikit “ba-bi-bu” tapi ternyata oke juga. UAS nya pun berjalan sukses! Tegang bercampur senang… Gw bangga sama teamwork kelas N. Semua divisi kerjanya bagus. Tapi, sayang, setelah ini (UAS) yah harus bubar deh. Rasanya udah seneng-seneng eh, bubar. Setidaknya nambah-nambah kenalan ama anak2 jurusan lain.”


"Apapun yang Anda lakukan, lakukanlah dengan senang hati. Apa pun yang Anda pikirkan, pikirkanlah dengan senang hati." (Thaddeus)

Merry Christmas 2015!